Share

8 Tips Hemat Pengeluaran untuk Beli Rumah dalam 12 Bulan

Erlinda Septiawati, Okezone · Minggu 06 Februari 2022 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 470 2542985 8-tips-hemat-pengeluaran-untuk-beli-rumah-dalam-12-bulan-POOVsM0DkL.jpg Hemat Pengeluaran untuk Beli Rumah (Foto: Okezone)

JAKARTA – Artikel ini akan mengulas terkait tips cepat hemat pengeluaran untuk membeli rumah dalam 12 bulan. Membeli rumah merupakan impian setiap orang. Apalagi jika rumah tersebut sudah didambakan sejak lama.

Bahkan, banyak orang yang berkeinginan memiliki rumah suatu hari nanti. Pembelian rumah tak jarang memang memerlukan waktu yang tidak sedikit. Properti ini dapat terwujud dengan mengelola keuangan yang tepat terutama mengenai pendapatan, utang, dan tanggung jawab.

Untuk membantu Anda tetap fokus dan bekerja menuju sesuatu yang penting diperlukan trik yaitu tindakan efektif. Sehingga dapat mengambil jalan pintas untuk berhemat atau menabung sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Harga, Lokasi hingga Transportasi Jadi Pertimbangan Masyarakat Beli Rumah di 2022

Lantas, bagaimana menghemat pengeluaran agar terwujud rumah dalam setahun?

Berikut Okezone merangkum dilansir dari Real Simple, tips menghemat pengeluaran untuk membeli rumah dalam 12 bulan, Jakarta, Kamis (3/2/2022):

 

1. Cari Tahu Jumlah Tabungan yang Anda Perlukan untuk Rumah Tersebut

Sebelum membuat rencana membeli rumah, Anda harus mempunyai target. Sebagian besar waktu dipergunakan untuk menabung biaya uang muka rumah. Di mana persentase dari total biaya rumah akan bervariasi tergantung pada rumah yang diinginkan.

Secara umum, disarankan untuk menghemat 20% dari total biaya rumah. Menurut Katherine Perry, CFP, konsultan keuangan di Fort Pitt Capital Group, jika Anda ingin melampaui. Dia menyarankan untuk menyimpan 30% dari harga rumah, sehingga dapat meletakkan 20% dan kemudian memiliki 10% tersisa untuk menutupi biaya tambahan seperti biaya akhir.

 

2. Ketahui Tujuan Spesifik Lokasi Rumah

Meskipun persentase tabungan bagus, tetap diperlukan tujuan yang jelas dalam membeli rumah yang diinginkan. Sebab, perhitungan tabungan secara spesifik dan adanya uang muka tanpa rumah yang akan dibeli akan menimbulkan kebingungan.

Penulis keuangan pribadi Stefanie O'Connell Rodriguez merekomendasikan untuk meneliti harga rumah di area yang Anda inginkan. Setelah Anda mengetahui biaya rumah yang kemungkinan besar akan Anda beli. Cobalah hitung untuk memperkirakan tagihan bulanan.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

3. Buat Potongan Otomatis ke Rekening Terpisah dari Tabungan

Salah satu cara menahan pengeluaran untuk barang yang tidak diperlukan adalah bertindak seolah-olah Anda tidak mempunyai uang. Perry menyarankan untuk membuat pengurangan otomatis dari rekening bank Anda pada hari Anda menerima pembayaran gaji. Ini dapat membantu memfokuskan dengan tepat berapa banyak yang telah Anda hemat untuk tujuan membeli rumah.

4. Pertimbangkan Akun Pasar Uang

Seorang perencana keuangan bersertifikat dan penasihat kekayaan di Girard, Jordan Sowhangar tidak merekomendasikan untuk memasukkan tabungan uang muka ke dalam investasi berisiko apa pun.

Jika ingin mengakses uang tunai dalam beberapa bulan, diperlukan strategis tentang jenis akun jangka pendek yang akan menghasilkan keuntungan paling besar. Rekomendasi terbaiknya adalah rekening pasar uang online yang memungkinkan penarikan dalam tiga atau enam bulan.

5. Memanfaatkan Rezeki Nomplok

 

Industri keuangan, Sowhangar mengatakan rejeki nomplok adalah tambahan yang diberikan atau diperoleh yang bukan merupakan bagian dari pendapatan bulanan, termasuk bonus liburan di tempat kerja, cek ulang tahun, cek pengembalian pajak penghasilan yang lebih besar dari perkiraan, dan contoh lain di mana Anda menerima uang ekstra. Penempatan rejeki nomplok langsung ke tabungan lebih berhasil dan menguntungkan daripada upaya penghematan.

6. Mengurangi Sementara Tabungan Pensiun

Tabungan pensiun tidak boleh dikompromikan dalam jangka panjang. Pakar keuangan dan pendiri Your Best Mindset Jim Brown, mengatakan menekan jeda pada dana ini pada awalnya mungkin terdengar seperti kesalahan langkah keuangan yang tidak biasa, tetapi ini dapat memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan dana uang muka dan mengalihkan pembayaran sewa bulanan untuk membangun ekuitas di perumahan. Pada dasarnya, Anda menabung untuk masa depan.

7. Cari Suatu Layanan

Dalam hal keuangan, Tait mengatakan kita semua memiliki layanan yang menarik uang tunai dari rekening kita yang sering kita lupakan. Paling sering, itu adalah layanan berlangganan otomatis seperti Netflix, Spotify, gym, dan sebagainya. Dengan mudah bisa menelusuri dan melihat berapa banyak yang telah Anda siapkan. Kemudian, kritislah dengan seberapa besar Anda membutuhkannya.

8. Beri Tahu Tujuan Anda dengan Orang Lain

Tidak hanya ada kekuatan dalam jumlah, tetapi menyuarakan rencana Anda selama setahun kepada keluarga dan teman terpercaya juga akan memastikan mereka membuat Anda tetap bertanggung jawab, terutama jika Anda memiliki jaringan yang mendukung.

Orang-orang ini akan melangkah ketika Anda membutuhkan mereka dan datang dengan strategi yang membantu. Dengan dukungan mereka, pada ulang tahun dan liburan, dapat mengungkapkan bahwa Anda ingin diberi uang tunai untuk rumah impian, daripada hadiah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini