Share

Bangga! RI Jadi Satu-satunya Negara di Dunia Bangun Industri Baterai dari Hulu-Hilir

Athika Rahma, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 320 2544143 bangga-ri-jadi-satu-satunya-negara-di-dunia-bangun-industri-baterai-dari-hulu-hilir-oPlGb0l8lu.jpg Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi negara satu-satunya di dunia yang membangun industri baterai dari hulu ke hilir.

Menurut dia, negara-negara di seluruh dunia berlomba meninggalkan energi fosil dan memanfaatkan energi yang lebih bersih. Indonesia juga mulai melakukannya dengan hilirisasi.

"Satu-satunya negara di dunia yang sedang mendorong industrinya dari hulu ke hilir itu Indonesia. Tidak ada negara di dunia yang memulai bangun industri baterai cell dari tambang (selain Indonesia)," katanya dalam Inaugurasi Kelompok Kerja Perdagangan, Investasi dan Industri G20, Selasa (8/2/2022).

Bahlil menjelaskan, hilirisasi itu dimulai dari penambangan, proses di smelter, pembuatan precusor dan cathode hingga pembuatan sel baterai. Hilirisasi ini mungkin dilakukan karena Indonesia memiliki cadangan sumber daya mineral yang tinggi, termasuk nikel.

"Jadi yang punya teknologi ada di luar negeri, ada di Korea, China, Jepang harus kolaborasi," katanya.

Dalam momentum presidensi G20, Indonesia tidak hanya mendorong investasi yang inklusif dan berkelanjutan namun juga berkeadilan.

"Lalu investasi ini harus bisa mendukung pengusaha daerah. Jadi jangan hanya dilihat dari sisi angka, negara mana yang masuk, tapi juga yang berkeadilan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini