Share

Fakta-Fakta Pesawat Susi Air Diusir Paksa, Bupati Malinau Dituntut!

Zuhirna Wulan Dilla, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 320 2545851 fakta-fakta-pesawat-susi-air-diusir-paksa-bupati-malinau-dituntut-s3sglhwP7c.jpg Fakta-fakta pesawat Susi Air diusir paksa. (Foto: Plannespotters)

JAKARTA - Pesawat Susi Air baru-baru ini ramai diperbincangkan publik karena diusir dari Hanggar Bandara RA Bessing, Malinau.

Bahkan, pihak Susi Pudjiastuti mengaku merugi sebesar Rp8,9 miliar.

Hal itu disampaikan, Kuasa Hukum Maskapai Penerbangan Susi Air, Donal Fariz.

“Dampak dari penggusuran kemarin tentu kita sangat dirugikan, bahwa mulai dari kerugian adanya cancel schedule yang kalau kita kalkulasikan secara total ada di angka Rp8,9 miliar,” kata Donal dalam konferensi virtual, Jumat (4/2/2022).

Berikut ini dirangkum Okezone.com, terkait kasus pengusiran maskapai Susi Air dari Hanggar Bandara RA Bessing, Malinau.

 BACA JUGA:Pengusiran Pesawat Susi Air, Susi Pudjiastuti: Tak Ada Unsur Politik

1. Sudah sewa 10 tahun

Susi Pudjiastuti mengatakan, kalau Susi Air sudah sewa dan menempati selama 10 tahun.

Bahkan, selama ini tidak ada masalah dengan Pemda.

“Tidak ada politik. Kami sudah menjalin kerjasama dengan hanggar dan tak ada masalah. Selama 10 tahun kami memiliki kontrak dengan hanggar dan menjadikan base maintenance pesawat-pesawat yang melayani penerbangan di Kalimanta Utara dan sekitarnya,” katanya.

2. Tempuh jalur hukum

Pihak Susi Pudjiastuti dengan tegas akan membawa masalah ini ke ranah hukum.

Kuasa Hukum Susi Air mengatakan, kalau kejadian ini telah melanggar pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan ketertiban dan ketenteraman masyarakat di daerah.

3. Fungsi Hanggar Malinau

Alasan, pesawat Susi Air di Hanggar Bandara RA Bessing, Malinau untuk melakukan perbaikan maintance dengan total 100 hingga 200 jam.

“Itu akan menggangu maintanace pesawat dan kami sangat ketat untuk maintance. Ini yang mengakibatkan Crash. Biaya pemindahan Pesawat kedepan tanpa engine secara kalkulatif dan real akan membawa kerugian secara potensial akibat penggsuran paksa kemarin,” ucap Donal.

 BACA JUGA:Susi Pudjiastuti Sebut Dirinya Pilot Tertua Susi Air dan Tukang Ngamuk

4. Bupati Malinau Dituntut

Pihak Susi Air pun resmi melayangan tuntutan kepada Bupati Malinau Wempi Welem Mawa.

Tak hanya sang bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Ernes Silvanus ikut dikenai laporan.

“Sebagai kuasa hukum dan secara resmi mengirimkan Somasi atau teguran pada hari Senin, tanggal 7 Februari 2022 dan ditujukan kepada dua pihak, yakni pihak pertama Wempi Wellem Mawa (Bupati Malinau) dan pihak kedua Ernes Silvanus (Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau). Somasi dikirimkan kepada dua pihak tersebut karena dinilai paling bertanggungjawab atas persoalan pengusiran Susi Air dari Hanggar,” jelas Donal.

Bupati Malinau Wempi Welem Mawa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Ernes Silvanus dituntut ganti rugi sebesar Ro 8,9 miliar.

Baca Selengkapnya: Pengusiran Pesawat Susi Air, Susi Pudjiastuti: Tak Ada Unsur Politik dan Buntut Pengusiran Paksa, Susi Pudjiastuti Tuntut Ganti Rugi ke Bupati Malinau Rp8,9 Miliar

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini