Share

Tol Pasuruan-Probolinggo Segera Selesai dengan Anggaran Rp1,22 Triliun

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 320 2548641 tol-pasuruan-probolinggo-segera-selesai-dengan-anggaran-rp1-22-triliun-Xda3JBBzLx.jpg Waskita Segera Rampungkan Tol Pasuruan-Probolinggo. (Foto: Okezone.com/Waskita)

JAKARTA - Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A ditargetkan selesai pada 2022. Anggaran pembangunan tol tersebut pun telah disiapkan Waskita Karya.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) memberikan Shareholder Loan (SHL) yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,42 triliun kepada PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR). Alokasi dana tersebut digunakan sebesar Rp1,22 triliun untuk penyelesaian Tol Pasuruan-Probolinggo.

Sedangkan dana sebesar Rp204 miliar untuk pembayaran retensi konstruksi Jalan Tol Pejagan–Pemalang Seksi III dan IV.

Baca Juga: Dapat PMN Rp3 Triliun, Waskita Rampungkan Tol Kayu Agung-Palembang dan Ciawi-Sukabumi

“Dengan pengalokasian dana PMN 2021 untuk Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo dan Jalan Tol Pejagan–Pemalang, perseroan optimis pendapatan usaha dari jasa konstruksi akan meningkat, paling tidak mencapai level pre Covid-19 dengan tingkat burn rate yang lebih tinggi, serta memperlancar proses divestasi yang akan dieksekusi tahun ini,” ujar Direktur Utama Waskita, Destiawan Soewardjono, Kamis (17/2/2022).

Emiten dengan kode saham WSKT itu menargetkan 3-4 divestasi jalan tol akan dieksekusi tahun ini, salah satunya berasal dari WTTR. Destiawan menilai divestasi jalan tol tahun ini dapat meningkatkan likuiditas dan profitabilitas serta mengurangi utang melalui dekonsolidasian.

Baca Juga: Jalan Tol Binjai-Stabat Mulai Beroperasi Hari Ini, Masih Gratis!

"Dengan dukungan dari pemerintah serta implementasi 8 streams penyehatan keuangan Waskita, perseroan akan fokus pada bisnis operasional, salah satunya melalui penyelesaian Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo dan Jalan Tol Pejagan – Pemalang," katanya.

Secara agregat, Waskita Karya memberikan pinjaman pemegang saham atau shareholder loan kepada WTR sebesar Rp6,42 triliun. Pemberian SHL tersebut untuk penyelesaian jalan tol milik WTR yang tengah pada tahap konstruksi.

Destiawan mencatat pemberian SHL tersebut akan digunakan WTR untuk setoran modal kepada PT Waskita Sriwijaya Tol, PT Waskita Bumi Wira dan PT Trans Jabar Tol, serta pemberian dana dalam bentuk SHL kepada PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, PT Waskita Transjawa Toll Road dan PT Cimanggis Cibitung Tollways.

"Pemberian SHL diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usaha WTR sehingga nantinya akan memberikan nilai tambah bagi Perseroan sebagai Pemegang Saham mayoritas dari WTR," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini