Share

Jokowi Waspadai Lonjakan Inflasi di Pertemuan G20

Michelle Natalia, Sindonews · Kamis 17 Februari 2022 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 320 2548660 jokowi-waspadai-lonjakan-inflasi-di-pertemuan-g20-gY9WcsQaPk.jfif Jokowi waspadai lonjakan inflasi di G20. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato sambutannya di pembukaan 1st FMCBG Indonesia G20 Presidency 2022 mengatakan, bahwa ketidakpastian global harus dihadapi dengan sinergi dan kolaborasi.

"Kita harus bekerja sama mengendalikan inflasi yang cenderung meningkat. Kita harus mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan," ujar Jokowi pada Kamis(17/1/2022).

Dia mengatakan, semua pihak harus mengatasi kelangkaan kontainer dan rantai logistik lainnya, mencegah terjadinya kelaparan.

"Kita harus mempercepat proses transisi menuju ekonomi baru. Kita harus mempercepat transformasi digitBACA JUGA:Jokowi Pasang Target Ekonomi RI Tumbuh 5,9% di 2023

Dia meyakini, bahwa pertemuan antar Menteri keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara-negara G20 ini, pasti bisa merumuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dan moneter yang saling bersinergi antar negara untuk menyelesaikan permasalahan bersama.

"Kita harus berkolaborasi untuk menangani isu-isu strategis global tersebut dengan capaian-capaian yang nyata, capaian-capaian yang terukur untuk mengatasi masalah dan juga mencegah masalah agar pertumbuhan ekonomi dunia lebih inklusif dan berkelanjutan," ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

"Kita harus memperkuat penguatan arsitektur kesehatan global. Kita harus memfasilitas dan membiayai transisi menuju ekonomi hijau dan mempercepat transformasi ekonomi digital," tambahnya.

Jokowi mengatakan, Indonesia sangat antusias menjalankan peran presidensi G20 untuk berkontribusi kepada dunia.

 BACA JUGA:Bertemu Petinggi Bank Dunia, Jokowi Bahas IKN hingga Mangrove

Indonesia akan mendorong sinergi dan kolaborasi termasuk sinergi dan kolaborasi antar Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20.

"Saya menaruh harapan besar kepada para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20. Saya berharap pertemuan ini akan menghasilkan langkah langkah sinergis dan kolaboratif yang konkret,

yang segera bisa dilaksanakan, dan segera tampak hasilnya. Recover together, recover stronger," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini