Share

Tak Ingin SPBU Sepi, Dirut Pertamina Layani Ngecas 5.000 Motor Listrik

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 320 2551935 tak-ingin-spbu-sepi-dirut-pertamina-layani-ngecas-5-000-motor-listrik-BoaRblROYu.jpg Pertamina layanai isi baterai 5.000 motor listrik. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertamina melakukan kolaborasi dalam uji coba ekosistem kendaraan listrik bersama Gojek, Electrum, Gesits, Gogoro dan Indonesia Battery Corporation (IBC).

Dalam hal ini, Pertamina menyediakan fasilitas swapping station alias penggantian baterai untuk motor listrik.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, di tahap awal ini akan menyediakan swapping station dengan kapasitas untuk 5000 motor listrik.

 BACA JUGA:Ojol Motor Listrik Bakal Wara-wiri, Bos Pertamina Incar Peluang Bisnis Ini

"Kalau hasil pilotnya bagus, tahun depan bisa kita tingkatkan swapping station untuk melayani 5.000 kendaraan dan karena targetnya cukup agresif ya, lebih cepat lebih baik. Karena ini merupakan komitmen bersama,” pungkas Nicke, ditulis Rabu (23/2/2022).

Swapping station Pertamina saat ini ada di di 7 (tujuh) titik SPBU GES di Jakarta Selatan, yaitu SPBU MT Haryono, SPBU Kuningan, SPBU Kemang, SPBU Gandaria City, SPBU Fatmawati, SPBU Permata Hijau, dan SPBU Pondok Indah.

Menurutnya, pilot layanan swapping station ini menjadi solusi pengisian daya yang cepat dan mudah dibandingkan dengan harus charge dengan waktu 2-3 jam.

"Pertamina menyadari bahwa untuk melayani pasar kendaraan roda dua, termasuk pengendara transportasi online yang harus dipenuhi adalah kemudahan dan kecepatan," paparnya.

 BACA JUGA:Ojol Pakai Motor Listrik, Tarifnya Berapa?

Menurut Nicke, pengembangan ekosistem kendaraan listrik ini harus terintegrasi dalam satu value chain.

Sehingga Pertamina berkomitmen untuk mendorong agar target-target yang ditetapkan Pemerintah dapat tercapai.

Oleh karena itu, lanjut Nicke, Pertamina telah mengembangkan SPBU Green Energy Station (GES) yang sudah mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap. Saat ini, Pertamina telah memiliki 143 SPBU yang berstatus Green Energy Station.

“Tahun ini kita akan tambah jadi 1.000 dan nantinya target (SPBU) semuanya. Jadi bukan hanya baterainya saja yang membuat lingkungan menjadi lebih hijau, tetapi sumber energi pembangkit juga harus lebih ramah lingkungan,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini