Share

Berantas Mafia Tanah, BPN Siapkan Layanan Pertanahan Digital

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 470 2554751 berantas-mafia-tanah-bpn-siapkan-layanan-pertanahan-digital-LD4cbqVsTT.jpg Sertifikat tanah digital (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) siapkan layanan pertanahan dan tata ruang secara digital. Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi Virgo Eresta Jaya mengatakan, hal tersebut bertujuan agar pelayanan di Kementerian ATR/BPN lebih transparan.

Menurutnya, saat ini masyarakat tengah menyongsong era masyarakat 5.0 seiring dengan berjalannya transformasi digital. Masyarakat 5.0 adalah dimulainya konvergensi antara dunia siber dengan dunia fisik.

“Jika di era masyarakat informasi 4.0, informasi yang ada di penyimpanan cloud masih kita analisis, sedangkan jika di masyarakat 5.0, analisis dilakukan oleh kecerdasan artifisial atau kita sebut AI,” ujar Virgo Eresta Jaya pada keterangan tertulisnya, Senin (28/2/2022).

Virgo menjelaskan, transformasi digital Kementerian ATR/BPN bertujuan agar pelayanan pertanahan menjadi semakin efektif, efisien, transparan, dan menjadi lebih baik.

"Harapannya ke depan, kita mulai berfokus pada customer orientation, yang mana untuk jangka panjang adalah kita dapat menarik minat investasi masuk ke negeri ini," sambungnya.

Menutnya Kementerian ATR/BPN saat mempunyai tujuan untuk mewujudkan keadilan pertanahan. Harapannya seluruh masyarakat Indonesia mempunyai akses terhadap layanan pertanahan dan memiliki aset untuk dijadikan sumber permodalan.

"Oleh karena itu, kita mendaftarkan tanah-tanah baik yang sifatnya sporadis maupun melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” katanya.

Lebih lanjut, Virgo Eresta Jaya menjelaskan, salah satu tujuannya adalah mewujudkan kepastian hukum hak atas tanah. Melalui transformasi digital, akan tercipta data dan informasi pertanahan yang valid.

“Melalui data yang valid ini, maka migrasi kita ke stelsel positif sebenarnya sudah tinggal satu langkah,” pungkas Virgo Eresta Jaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini