Share

Indonesia Dituduh Manipulasi Data Omicron, Begini Reaksi Menko Luhut

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 05 Maret 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 320 2556523 indonesia-dituduh-manipulasi-data-omicron-begini-reaksi-menko-luhut-DvZqBVcgQF.JPG Begini reaksi Luhut saat Indonesia dituding manipulasi data Omicron. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia mendapat tudingan terkait memanipulasi data Covid-19 varian Omicron.

Tudingan itu dijelaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, alasan Indonesia dituding seperti itu karena Indonesia berhasil mengatasi lonjakan Omicron.

“Melihat kemampuan Indonesia mengatasi Omicron, membuat negara tetangga mengatakan kita ada memanipulasi keterangan, tapi kita di sini bicara pada data. Silakan saja bila ingin melihat data yang kita miliki tentang kuburan dan rumah sakit sesuai kenyataan di lapangan,” kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (4/3/2022).

 BACA JUGA:Luhut Uji Coba Tanpa Karantina di Bali, Simak Syaratnya

Kemudian, dia juga menyebut kalau penanganan lonjakan Omicron belajar dari pengalaman saat varian Delta menyerang Indonesia pertengahan 2021 lalu.

Meski begitu, tentu menghadapi Omicron berbeda dari Delta.

“Untuk itu tetap terjaga meski penularan lebih tinggi dari Delta, tapi keterisian rumah sakit dan kematian masih di bawah Delta. Untuk kematian yang terjadi lebih ke pasien komorbid, lansia, dan belum memiliki vaksin lengkap,” jelasnya.

Terakhir, Luhut menyebut kalau pemulihan ekonomi Indonesia sudah mulai terlihat.

“Keberhasilan kita menangani varian delta menjadi kunci sukses dalam pemulihan ekonomi nasional. Semua ini patut diapresiasi karena kerja sama semua pihak, terutama Polri yang patut diapresiasi karena berhasil melakukan dalam pelaksanaan PPKM Darurat/Level, vaksinasi, testing, tracing,” katanya.

Baca Selengkapnya: Negara Tetangga Tuding Indonesia Manipulasi Data Omicron, Luhut Geram: Lihat Saja Data Kuburan dan RS!

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini