Share

Jelang MotoGP Mandalika, Menhub Ingatkan Pesan Presiden Jokowi

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 320 2563949 jelang-motogp-mandalika-menhub-ingatkan-pesan-presiden-jokowi-CRy3OGEIud.jpg Menhub Budi Karya Sumadi cek kesiapan fasilitas transportasi Mandalika (Foto: Kemenhub)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan fasilitas transportasi jelang perhelatan MotoGP. Di antaranya Bandara Internasional Lombok, kawasan Sirkuit Mandalika untuk mengecek sarana transportasi bus shuttle, dan juga meninjau Pelabuhan Gili Mas untuk mengecek fasilitas terminal penumpang dan juga Kapal KM Kelud yang menjadi tempat akomodasi terapung bagi para penonton MotoGP yang tidak mendapatkan hotel.

Dia mengungkapkan puncak pergerakan penumpang yang akan menuju ke Mandalika untuk menyaksikan MotoGP diprediksi terjadi mulai hari ini hingga Minggu.

“Pesan dari Presiden Jokowi, persiapan pelaksanaan MotoGP ini harus betul-betul disiapkan dengan serius. Kami memastikan pergerakan dari dan menuju ke Lombok dan Mandalika maupun pergerakan lalu lintas di sekitar kawasan Sirkuit berjalan dengan lancar. Masa kritikal adalah hari ini hingga Minggu besok,” ungkap Menhub Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya di Lombok, Jumat (18/3/2022).

Budi Karya Sumadi menyatakan akan ada sekitar 100 flight (penerbangan) di masa puncak lonjakan penumpang. Menhub telah melakukan kunjungan kerja ke Mandalika untuk mengecek sarana dan prasarana transportasi dan memastikan konektivitas transportasi dari dan ke Mandalika berjalan lancar.

“Kita memberikan pergerakan khusus terutama di tiga hari ke depan. Selain Bandara di Lombok, Bandara Soetta, Juanda dan Ngurah Rai, dan Makassar juga disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” jelasnya.

Sementara di sektor laut, Menhub mengatakan telah disiagakan kapal-kapal untuk menampung penumpang yang menggunakan transportasi laut dari dan ke Mandalika.

“Begitu pun di sektor darat, Menhub memastikan bus-bus yang sudah disediakan dapat melayani dengan baik pergerakan dari dan menuju lokasi Sirkuit Mandalika, serta manajemen rekayasa lalu lintas yang dilakukan bersama Kepolisian berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan kemacetan di sektiar area Sirkuit,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini