Share

Pria yang Bisa Lunasi Utang RI Hampir Rp7.000 Triliun, Cek 5 Faktanya

Feby Novalius, Okezone · Senin 28 Maret 2022 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 320 2567699 pria-yang-bisa-lunasi-utang-ri-hampir-rp7-000-triliun-cek-5-faktanya-mNmyhooaVp.jpg Utang Indonesia Hampir Mencapai Rp7.000 Triliun. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Utang Indonesia tercatat mencapai Rp6.919,15 triliun hingga akhir Januari 2022. Bahkan mengalami penambahan Rp10,28 triliun dibandingkan bulan sebelumnya atau Rp686,01 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu 

Besarnya utang Indonesia pun selalu menarik perhatian publik. Pertanyaan terbesar adalah bagaimana melunasi utang sebesar tersebut.

Okezone merangkum fakta-fakta menarik terkait utang Indonesia yang tak bisa dilunasi hanya dengan kekayaan orang terkaya Indonesia, Senin (28/3/2022):

1. Bisakah Harta Hartono Bersaudara Lunasi Utang RI?

Melihat data yang ada ternyata utang Indonesia tak bisa dilunasi oleh dua orang paling kaya di Indonesia alias Hartono bersaudara.

Baca Juga: Utang Pemerintah Nyaris Rp7.000 Triliun, Sri Mulyani Ungkap Bahayanya jika Tak Ngutang

Harta R Budi Hartono mencapai USD22,9 miliar atau setara Rp327,4 triliun (kurs Rp14.300 per USD). Sementara, Michael Hartono mempunyai kekayaan USD22 miliar atau setara Rp314,6 triliun.

Jika dijumlahkan, harta adik kakak ini mencapai Rp642 triliun. Tentu jika harus melunasi utang pemerintah, Hartono bersaudara tidak sanggup.

2. Siapa yang Sanggup Bayar Utang Segitu Besar?

Ada satu orang yang bisa melunasi utang pemerintah yang hampir Rp7.000 triliun.

Dia adalah anak buah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri Mulyani menyebut sosok ini sebagai orang terkaya di Indonesia. Bahkan hartanya mencapai lebih dari Rp11.000 triliun.

Baca Juga: Fakta-Fakta Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi Rp5.932 Triliun, Nomor 5 Diklaim Masih Sehat

Dia adalah Rionald Silaban. Rio sapaan akrabnya menjabat Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dan merupakan 'orang terkaya' RI versi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

3. Alasan Utang Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya buka-bukaan soal utang. Sri Mulyani membeberkan alasan kenapa pemerintah berutang sedemikian banyak meski masyarakat pun banyak yang mengkritisi utang pemerintah ini.

"Kita berutang ini semata-mata demi menyelamatkan masyarakat, baik dari segi ekonomi dan sosial, terutama melihat situasi yang kita hadapi," ujar Sri.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Dampak Jika RI Tak Punya Utang?

Sri Mulyani mengungkapkan, kalau tidak berutang justru malah bisa mengancam kesehatan masyarakat. Apalagi kondisi Indonesia kini memburuk setelah diterpa pandemi Covid-19.

"Jika tidak utang, maka hal-hal tersebut akan sulit dihentikan. Bukan hanya Indonesia, banyak negara lain yang juga membutuhkan utang demi menjaga ekonominya dari hantaman pandemi," jelasnya.

5. Utang Rp7.000 Triliun Dijamin Terkendali

Sri Mulyani juga menyebut kalau utang yang dimiliki Indonesia ini lebih terkendali dibanding negara lain.

"Ini dapat dilihat dari defisit anggaran yang sudah turun perlahan dan kembali di bawah 3%. Jadi kenapa utang? karena kita menerima penerimaan saat ekonomi naik lagi. Tahun ini 2 bulan pertama penerimaan di atas 30%, jadi APBN tool, kalau dibutuhkan dia kerja keras dan saat sudah membaik dia disehatkan kembali," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini