Share

Curhat Pedagang Daging Sapi Jelang Bulan Puasa: Harga Naik Pembeli Lari

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 320 2568212 curhat-pedagang-daging-sapi-jelang-bulan-puasa-harga-naik-pembeli-lari-Y8iZ4gUvYa.jpg Harga Daging Sapi (Foto: MPI)

JAKARTA - Sejumlah pedagang daging sapi mengeluhkan kenaikan harga di pasaran. Hal ini berimbas cukup tajam terhadap para pelanggan mereka.

Penjual daging bernama Madin mengaku para pembeli mulai sepi justru saat mendekati bulan puasa, terlebih didorong oleh harga yang tinggi.

"Pembeli sudah jauh berkurang, jauh sekali. Kalau dulu berkurangnya masih setengah, kalau sekarang tinggal seperempat saja (pembelinya)," kata pria berusia 68 tahun itu di Pasar Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2022).

Madin menjual harga daging sapi berkisar antara Rp130 ribu per kilogram (kg) hingga Rp140 ribu/kg. Pedagang senior yang telah berjualan sejak 1980 itu memprediksi harga bisa melonjak ke Rp150 ribu/kg - Rp160 ribu/kg memasuki awal puasa.

"Pasti naik kalo puasa, biasanya naiknya 5 ribu sampai Rp10 ribu, kalau lebaran kira kira Rp160 ribu," terangnya.

Madin bercerita sesama pedagang mulai berhenti berjualan karena permintaan yang lemah membuat stok yang mereka beli di harga mahal tidak kunjung laku.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Senada, Asep yang menjual daging sapi lokal merasa dirugikan ketika harga yang tinggi membuat pelanggannya pergi, terlebih ketika tidak ada pelanggan baik dari pelaku usaha maupun rumah tangga.

"Kios di sebelah itu kebanyakan mereka tidak punya pelanggan, harga yang tinggi, konsumen tidak mau beli. Itu dampak yang kami rasakan," ujar pria umur 42 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini