Share

Mobil Listrik Akan Jadi Kendaraan Utama di KTT G20

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 320 2570988 mobil-listrik-akan-jadi-kendaraan-utama-di-ktt-g20-kRW8TMhNoD.jpg Menko Airlangga pastikan mobilitas G20 pakai kendaraan listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA — Mobilitas di Ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan menggunakan kendaraan listrik atau electronic vehcyle (EV). Hal ini ditegaskan Menteri Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto.

Airlangga mengatakan, sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mengatasi permasalahan perubahan iklim pemerintah mempercepat kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

“Ya jadi nanti semua kegiatan di ajang G20 akan gunakan akan pakai kendaraan listrik EV baik bagi tamu negara meskipun official,” kata Airlangga dalam ajang IIMS kepada Wartawan, Kamis (31/3/2022)

Sementara itu, Menko Airlangga mengatakan pemerintah telah melanjutkan PPNBM, Yang tahun kemarin pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp4,6 triliun.

“Jadi itu naiknya, sekitar 133 Persen di atas perencanaan sehingga itu membuktikan daya beli dan dilanjutkan tahun ini yang paling penting Mobil listrik menjadi sebuah keharusan, karena tidak kepastian global juga meningkatkan harga BBM,” tambahnya.

Saat ditanyai wartawan berapa jumlah kendaraan untuk mobilitas di ajang G20, Menko Airlangga enggan membeberkan secara detail.

“Ya nanti ada lah listnya pokoknya beberapa,” katanya.

Airlangga berharap ajang IIMS dapat menjadi wadah untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif Indonesia agar segera kembali bangkit pasca pandemi covid-19 serta menjadi ajang dalam mendukung penurunan emisi karbon pada kendaraan bermotor.

“Ya dalam ajang IIMS ada beberapa kendaraan listrik yang baru diluncurkan tadi ada dari Toyota, Hyundai, MG dan beberapa mobil lain, saya kira bisa mendorong program pemerintah juga,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini