Share

7 Tempat Ini Jadi Sumber Bau di Rumah, Simak Cara Mengatasinya

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 02 April 2022 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 470 2572203 7-tempat-ini-jadi-sumber-bau-di-rumah-simak-cara-mengatasinya-9XUDsc8S6C.jpg Sumber baru di rumah (Foto: Realsimple)

JAKARTA – Tempat ini jadi sumber baru di rumah. Namun tenang, ada cara mengatasinya lho.

Setiap orang menginginkan aroma khas yang segar seperti di lobby hotel untuk rumahnya. Namun kenyataannya aroma di rumah tidak dapat seharum lobby hotel karena suatu hal.

Terkadang beberapa tempat atau barang di rumah dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap. Seperti saluran pembuangan di kamar mandi atau kelembaban yang menimbulkan aroma yang kurang menyenangkan.

Dilansir dari Realsimple, berikut 7 tempat yang menimbulkan aroma aneh di rumah.

1. Tempat Sampah

Suatu tempat yang jelas dapat menimbulkan aroma yang aneh adalah tempat sampah. Sebab di sana tempat sisa makanan dan yang lainnya berkumpul terlebih dalam waktu lumayan lama.

Untuk mengatasinya, segera buang kantong sampah secara teratur, bersihkan juga bak sampah dengan pemutih didiamkan beberapa jam kemudian cuci dengan air sabun.

Bisa juga menyediakan bak khusus sampah basah, dan buanglah secara teratur meski belum penuh.

2. Hewan Peliharaan

Kucing, anjing, maupun hewan peliharaan lainnya dapat menimbulkan bau yang tak sedap mulai dari bulu mereka yang rontok, kandangnya, atau karena bakteri yang tumbuh.

Dengan demikian, pastikan selalu membersihkan kandang mereka maupun tempat makannya. Mandikan hewan peliharaan dengan teratur, bersihkan juga bulu yang rontok baik di sofa, karpet, atau di tempat lainnya agar tidak menumpuk sehingga menimbulkan aroma yang tak sedap.

3. Pakaian yang Lembab

Sebab pakaian yang basah atau lembab akan membuat bakteri tumbuh dan dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di rumah.

Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpan pakaian kotor jauh dari kamar mandi sehingga terhindar dari cipratan air. Bila pakaian kotor yang basah segeralah cuci dan jangan dicampurkan ke pakaian kotor lainnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Tempat Tidur

Terkadang kita tidak mencium bau bila berada di kamar tidur, sebab aroma tersebut sama seperti tubuh kita.

Untuk kasus ini selain mencuci seprai Kasur secara teratur, kita juga perlu menjaga kebersihan badan dengan cara mandi setiap pagi dan terkadang mandi di waktu malam.

5. Tempat Cuci Piring

Tempat cuci piring adalah area yang lembab terlebih dengan sisa makanan yang tertinggal dapat berpotensi tumbuh jamur dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Maka dari itu, bersihkan secara teratur tempat cuci piring. Keluarkan rak piring yang sudah berjamur rendam dengan cairan pemutih dan air hangat selama 30 menit kemudian bilas secara menyeluruh.

6. Mesin Cuci

Bila menggunakan mesin cuci, area inilah juga dapat menimbulkan aroma yang tak sedap. Sebab, bakteri dapat berkembang di dalam mesin cuci seperti tempat deterjen.

Maka untuk meminimalisir bau tersebut, coba biarkan pintu dan laci deterjen mesin cuci terbuka selama beberapa jam. Bersihkan juga mesin cuci secara teratur, apabila ada yang terkena jamur bersihkan dengan cuka putih dan soda kue.

7. Perabotan Baru

Beberapa orang mungkin menyukai aroma perabot baru. Namun, perlu diketahui aroma yang dihasilkan barang baru juga dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal tersebut karena aroma yang dihasilkan perabot baru berasal dari senyawa organic yang mudah menguap (VOC).

Cara agar menghilangkan aroma tersebut adalah dengan menggunakan filter udara. Bila perabot baru tersebut masih memiliki bau yang menyengat selama berbulan-bulan, Anda bisa menukarkan atau melakukan pengembalian dana.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini