Share

Pesawat Boeing Tergelincir saat Mendarat hingga Terbelah Dua, Begini Penampakannya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 320 2575379 pesawat-boeing-tergelincir-saat-mendarat-hingga-terbelah-dua-begini-penampakannya-ueUl9LMVvB.png Pesawat Boeing Tergelincir hingga Terbelah Jadi 2 (Foto: AP)

JAKARTA - Pesawat Boeing tergelincir saat mendarat hingga terbelah terjadi di Kosta Rika. Pesawat ini jenis pesawat kargo milik DHL International.

Insiden pesawat Boeing 757 ini tergelincir dari landasan pacu dan patah menjadi dua saat mendarat di Bandara Internasional San Jose, Kosta Rika, Amerika Tengah pada Kamis waktu setempat. Namun kejadian ini tidak sampai menutup total bandara dan tidak melukai crew pesawat.

Direktur Departemen Pemadam Kebakaran Kosta Rika Hector Chaves mengatakan bahwa saat mendarat pesawat tergelincir, berputar dan patah menjadi dua sehingga muatan kargonya tercecer.

Baca Juga: Jatuh di China, Pesawat Boeing 737-800 di Indonesia Masih Aman? Kemenhub Buka Suara

Pesawat Boeing 757 ini telah lepas landas dari Bandara Juan Santamaria di barat ibu kota tetapi memutuskan untuk kembali setelah mendeteksi kegagalan dalam sistem hidrolik. Lalu mendarat di Bandara Internasional San Jose.

β€œUnit dikerahkan untuk memindahkan pilot dan co-pilot,” kata Chaves seperti dilansir Huffpost, Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Juru bicara maskapai kargo DHL mengatakan kedua pilot tidak terluka tetapi satu sedang menjalani pemeriksaan medis pasca-kecelakaan.

Juru bicara DHL Daniel McGrath mengatakan perusahaan tersebut bekerja sama dengan otoritas bandara untuk memindahkan pesawat sehingga penerbangan dapat dilanjutkan. Dia mengatakan penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui penyebab insiden tersebut.

DHL merupakan anak perusahaan dari Deutsche Post DHL Group.

Wakil Direktur Penerbangan Sipil Kosta Rika, Luis Miranda mengatakan pesawat itu hanya pergi sekitar 35 mil dari bandara ketika meminta izin untuk kembali dari penerbangan yang direncanakan ke Guatemala City.

Dia mengatakan, pilot dan co-pilot adalah satu-satunya anggota awak di dalam pesawat yang hanya membawa bahan bakar sekitar 2,5 jam. .

Administrasi bandara mengatakan kecelakaan itu akan membuat bandara ditutup untuk penerbangan masuk dan keluar hingga setidaknya pukul 6 sore. Beberapa penerbangan akan dialihkan ke Bandara Internasional Daniel Oduber di Liberia, sekitar 125 mil barat laut San Jose.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini