Share

PPN Naik Jadi 11%, Harga Rumah Jadi Berapa?

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 470 2582162 ppn-naik-jadi-11-harga-rumah-jadi-berapa-eEO9wkoqHA.jpg Pengaruh Kenaikan PPN terhadap Harga Rumah di Indonesia. (Foto: okezone.com)

JAKARTA - Pajak Pertambahan Nilai (PPN) naik menjadi 11% per 1 April 2022. Hal ini menyebabkan kenaikan harga sejumlah barang.

Head of Research JLL Indonesia Yunus Karim mengatakan, sejauh ini, kenaikan harga PPN belum berdampak langsung terhadap sektor properti terutama subsektor residensial. Namun, kemungkinan akan ada tambahan biaya pembelian rumah imbas kenaikan PPN ini.

Baca Juga: Diskon Pajak Rumah Baru Diperpanjang, Bisnis Properti Tahun Ini Semakin Cuan

"Memang PPN ini seharusnya berdampak ke semua sektor termasuk properti baik di hunian rumah tapak maupun apartemen. Tapi secara immediate kita belum lihat hal tersebut mengingat pemerintah masih memberi insentif bagi para pembeli hunian ini," ujar Yunus dalam media briefing, Rabu (20/4/2022).

Lanjutnya, kenaikan PPN ini dinilai tidak berpengaruh terhadap pembeli end user karena mereka membeli rumah sebagai suatu kebutuhan. Berbeda dengan para pembeli yang bertujuan untuk berinvestasi, mereka masih menunggu (wait and see).

Baca Juga: Intip Potensi Industri Properti di Pulau Sumatera

Yunus melanjutkan, saat ini pengembang masih fokus menjaga harga agar produk mereka laku di pasaran. Namun ke depannya, diperlukan strategi yang apik juga agar kenaikan PPN ini tidak memberatkan pembeli.

"Para pengembang harus memiliki strategi untuk mengemas produk agar terjangkau karena dimungkinkan adanya tambahan biaya atas PPN ini," ungkapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini