Share

Tips Kelola THR untuk Menabung hingga Dana Darurat

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 622 2583947 tips-kelola-thr-untuk-menabung-hingga-dana-darurat-eZoSvUTL0J.jpg Tips Atur THR Lebaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Hari Raya Lebaran tinggal sebentar lagi. Para pekerja pun ada yang sudah mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) yang bisa digunakan untuk mempersiapkan hari raya dan kebutuhan lainnya.

Namun perlu diingatkan, jangan sampai THR hanya lewat begitu saja. Jadi tidak ada salahnya, jika mengelola sebagian dari uang THR yang didapat untuk tabungan masa depan.

Terlebih dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, berinvestasi menggunakan THR merupakan salah satu langkah yang bijak untuk dilakukan.

Baca Juga: Kemnaker Terima 2.114 Pengaduan THR, Ada yang Tidak Sesuai hingga Tak Dibayar

“Beberapa hari menjelang hari raya banyak orang yang menghabiskan uang THR untuk membeli hal-hal yang sifatnya konsumtif. Sebaiknya uang THR tersebut digunakan untuk membayar hutang, menabung, membayar zakat, dana darurat, membeli kebutuhan lain untuk hari raya, dan 10% - 20% dari uang THR dapat dialokasikan untuk berinvestasi," kata Head of Growth Zipmex Indonesia, Siska Lestari, Sabtu (24/4/2022).

Kendati demikian, Siska mengingatkan, pastikan aplikasi atau platform yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca Juga: Viral Video Bagi-Bagi THR Pekerja Djarum Milik Orang Terkaya di RI, Duitnya Merah Semua

Adapun 4 tips lainnya yang bisa Anda dilakukan untuk memanfaatkan uang THR dengan bijak, khususnya sebagai tabungan di masa depan:

1.Niatkan tekad untuk menabung

Penting untuk Anda dapat menyisihkan uang THR untuk ditabung. Selain akan sangat berguna untuk masa depan, menabung juga dapat mencegah Anda untuk berperilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Mulai menabung sekecil apa pun, sangat berarti untuk dapat membentuk kebiasaan baik di masa depan.

2.Alokasikan sebagian untuk dana darurat

Sesuai dengan namanya, dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat digunakan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti saat terkena PHK, kebutuhan mendadak, dan lain sebagainya.

Dana darurat merupakan salah satu bagian dalam perencanaan keuangan yang wajib dimiliki, karena dapat mencegah Anda memiliki hutang, menutupi biaya mendesak, bahkan dapat menjadi dana untuk masa depan.

3.Sisihkan untuk memenuhi kebutuhan asuransi

Asuransi sangat penting untuk dimiliki di saat ini. Memiliki asuransi dapat dikategorikan sebagai menabung, karena asuransi dapat berguna untuk keadaan-keadaan mendesak di luar ekspektasi dan tidak diinginkan seperti saat kecelakaan, kematian, dan lainnya. Kerugian-kerugian atas kejadian tersebut dapat diminimalisasi dengan asuransi yang sudah Anda miliki.

4. Menyiapkan dana pensiun sedikit demi sedikit

Tabungan pensiun dapat menjadi jaminan di hari tua Anda saat usia Anda sudah tidak produktif lagi. Hal tersebut dilakukan agar di masa tua, Anda masih dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Menggunakan uang THR untuk dialokasikan ke dana pensiun merupakan suatu hal yang bijak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini