Share

Mengintip Jalur Pansela, Mudik Lebaran 2022 Sambil Nikmati Pemandangan

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Senin 25 April 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 320 2584680 mengintip-jalur-pansela-mudik-lebaran-2022-sambil-nikmati-pemandangan-OPervAe2V4.jpg Jalan Lintas Pantai Selatan. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa disiapkan sebagai jalur alternatif pemudik 2022, selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalur Pansela diharapkan bisa dimanfaatkan para pemudik untuk mengurangi beban lalu lintas kerap terjadi di jalur Pantura maupun tengah agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Baca Juga: Kuota Mudik Gratis Kapal Laut Masih Tersedia, Cek Rutenya

"Selain kondisi jalan yang sudah bagus, pemudik juga bisa sekaligus menikmati pemandangan di sepanjang jalur Pansela yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai," ujar, Minggu (25/4/2022).

Pansela

Sebagai dukungan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, Kementerian PUPR telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna termasuk di Jalan Pansela wilayah Jawa Tengah (Jateng) - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: 4 Fakta Video Viral Macet Parah di Tol Jelang Mudik Lebaran, Nomor 3 Mengejutkan

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Wida Nurfaida menambahkan untuk keamanan pengendara pihaknya sudah mengecek kesiapan Penerangan Jalan Umum (PJU) dari Jladri ke arah Yogya.

"Ada spot tertentu yang tidak ada PJU, kita pasang patok lalu lintas atau delineator pengaman, guardrail/pagar pengaman jalan, dan stiker pantul (reflektor)," sambungnya.

Terkait masalah pasokan BBM di Pansela, BBPJN Jateng-DIY Kementerian PUPR juga sudah mengecek ketersedian SPBU di Pansela. Hasilnya ada 4 SPBU yang besar dan beberapa SPBU mini.

"Tempat istirahat juga sudah kita survei banyak juga sekarang tempat kuliner dan wisata pantai dibuka," kata Wida.

Secara umum total panjang Pansela di Jateng -DIY ada 332,91 km dan sampai September 2021 sudah terbangun 165,13 km di Jateng dan 92,81 km di DIY. Sehingga masih tersisa untuk di Jateng itu 47,4 km dan di DIY 27,57 km.

"Jadi secara progres gabungan 80% sudah terbangun dan sementara sisanya ada yang sedang dalam masa konstruksi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini