Share

4 Fakta Video Viral Macet Parah di Tol Jelang Mudik Lebaran, Nomor 3 Mengejutkan

Antara, Jurnalis · Senin 25 April 2022 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 320 2584649 4-fakta-video-viral-macet-parah-di-tol-jelang-mudik-lebaran-nomor-3-mengejutkan-97WgeQvQnq.jpg Beredar Video Kemacetan di Jalan Tol. (Foto: Okezone.com/Tangkapan Layar)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjelaskan soal video kepadatan lalu lintas menjelang arus mudik Lebaran yang beredar pada 27 Maret 2022 atau sebelum bulan Ramadan.

"Terkait dengan video yang beredar luas hari ini dan dipersepsikan sebagai kepadatan lalu lintas jalan tol pada akhir pekan ini jelang musim mudik lebaran 2022. Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa)," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso, dikutip dari Antara, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Lebaran, Waspadai Titik-Titik Rawan Macet di Jabar

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait beredarnya video kemacetan jelang Lebaran dan penjelasan lengkap Jasa Marga:

1. Penjelasan Jasa Maga soal Kemacetan Tol

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan, pada saat itu terjadi kepadatan lalin arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta.

Baca Juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Masih Tersedia, Cek Tanggal Keberangkatan di Sini

Hal tersebut berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Tol Jagorawi, di antaranya Tol JORR yang terintegrasi dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek.

2. Jasa Marga Urai Kemacetan

"Untuk mencairkan kepadatan tersebut, berdasarkan diskresi kepolisian, saat itu Jasa Marga memberlakukan contraflow di jalan Tol Jagorawi mulai dari Km 17 sampai dengan Km 8 (Cimanggis hingga Pasar Rebo)," kata Heru.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Bukan Macet karena Arus Mudik

"Terkait dengan video yang beredar luas hari ini dan dipersepsikan sebagai kepadatan lalu lintas jalan tol pada akhir pekan ini jelang musim mudik lebaran 2022. Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa)," ujar Heru.

4. Update Jumlah Pemudik

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 312.755 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek hingga H-9 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang jatuh pada 23 April 2022.

Dwimawan Heru Santoso mengatakan bahwa total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 7,8% jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 339.205 kendaraan.

Heru menambahkan angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini