Share

Puncak Arus Mudik Lebaran, Waspadai Titik-Titik Rawan Macet di Jabar

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Senin 25 April 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 320 2584631 puncak-arus-mudik-lebaran-waspadai-titik-titik-rawan-macet-di-jabar-pSnibpZhv2.jpg Jawa Barat Jadi Tujuan Pemudik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA — Provinisi Jawa Barat menjadi daerah tujuan terbesar pemudik yang ketiga setelah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dari 85,5 juta orang yang akan mudik, 14,7 Juta orang yang diprediksi mudik ke Jawa Barat.

“Diprediksi, sekitar 14,7 juta orang atau 17% dari total pemudik pada tahun ini yang diperkirakan sebesar 85,5 juta orang. Oleh karenanya, kami sudah melakukan antisipasi dengan melakukan simulasi rekayasa lalu lintas jauh-jauh hari yang sudah disepakati dengan Korlantas, BPJT, dan unsur terkait lainnya,” kata Menhub, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Masih Tersedia, Cek Tanggal Keberangkatan di Sini

Menhub mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik (28 sampai 30 April 2022).

“Dari hasil simulasi tadi sudah menunjukkan angka VC Ratio (atau perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan) sudah tinggi atau mendekati macet. Maka, imbauan untuk melakukan mudik hari ini, besok, dan lusa (25 sampai 27 April 2022), harapannya bisa dilakukan,” kata nya.

Baca Juga: Mudik Lebih Awal Naik Pesawat, Menhub: Hindari Kepadatan dan Harga Tiket Lebih Murah

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut Menhub mengatakan sejumlah titik di Jawa Barat yang harus diwaspadai seperti di Karawang, Subang, Indramayu dan Cirebon. Selain itu, kawasan Puncak, Bogor juga menjadi titik yang krusial untuk ditangani.

“Saya minta kepada Kapolres Bogor dan Pemerintah Daerah menginformasikan seluas-luasnya mengenai penerapan rekayasa lalu lintas kepada masyarakat. Jika kita bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan baik, Insya Allah kita bisa laksanakan ini dengan baik,” pungkas Menhub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini