Share

Tarif Tol Gratis jika Macet Panjang saat Mudik Lebaran 2022, Jadi Diberlakukan?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 320 2587650 tarif-tol-gratis-jika-macet-panjang-saat-mudik-lebaran-2022-jadi-diberlakukan-70RYyhW1qY.jpg Ilustrasi jalan tol. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan buka suara soal tarif tol gratis untuk pemudik jika terjadi kemacetan panjang saat mudik Lebaran 2022 lebih dari 1 kilometer (Km).

“Ketika ini yang terjadi maka sangat mungkin diberlakukan gratis biaya tol, tapi kembali lagi ini adalah diskresi pihak kepolisian. Sampai saat ini diskresi ini belum diimplementasikan,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati pada konferensi pers daring, Jumat (29/4/2022).

Dia mengatakan tol gratis tak diberlakukan sejauh ini karena sumber kemacetan bukan ada di gerbang tol, seperti sistem tidak bisa membaca kartu e-money, uang saldo penumpang tidak cukup, dan lainnya.

 BACA JUGA:5 Fakta Mudik Lebaran 2022, Cek Biaya Perjalanan hingga Ada Skema Tol Gratis

Dia juga menyebut sejauh ini kemacetan di jalan Tol lebih banyak disebabkan oleh limpahan hambatan tol-tol di depan, seperti kasus di Cipali di mana terjadi hambatan karena padatnya rest area.

“Ini yang menyebabkan kemacetan mengekor yang sampai Cikampek dan ini bukan terjadi di area pembayaran sebenarnya," jelasnya.

Dia pun mengimbau agar pemudik tidak berhenti di rest area melebihi 30 menit karena ketika rest area menumpuk, maka mobil-mobil akan diparkir di bahu jalan yang memperparah kemacetan dan meningkatkan bahaya kecelakaan.

Diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat membenarkan soal adanya tol gratis jika terjadi macet panjang saat mudik Lebaran 2022.

"Gratis kalau lebih dari 1 kilometer, kita bebaskan," katanya.

 BACA JUGA:Tarif Tol Gratis Jika Macet Lebih dari 1 Km saat Mudik Lebaran, Ini Kata Menhub

Menurutnya, ini demi menghindari kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2022.

"Jadi ya ini cara kita kasih bebas agar gak complicated lah di darat," ucapnya.

Tapi, dia menekankan untuk kebijakan pembukaan bebas tarif di Tol itu nanti akan dilakukan oleh Kakorlantas Polri yang berada di lokasi.

"Kewenangan tetap di Kakorlantas ya," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini