Share

Jadi Mata Uang Terendah, Orang Kamboja Pilih Transaksi dengan Dolar AS

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 278 2591225 jadi-mata-uang-terendah-orang-kamboja-pilih-transaksi-dengan-dolar-as-OlLNVmdHSs.jpg Dolar AS Tekan Mata Uang Dunia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dolar AS membuat mata uang dunia mengalami tekanan. Misalnya, Rial Iran (IRR) menjadi mata uang dengan nilai terendah di dunia.

Satu dolar AS setara dengan 24.875 Rial Iran. Rendahnya nilai mata uang Iran juga turut dipengaruhi oleh konlik Iran - Amerika Serikat serta berkaitan dengan pembatasan transaksi sebagai bentuk sanksi ekonomi global terhadap Iran.

Kemudian ada juga manata uang Guinea. Dalam kurs dolar AS saat ini, nilai 1 dolar setara dengan 9.512,22 GNF.

Guinea menjadi negara dengan mata uang terendah di dunia meskipun Afrika memiliki kekayaan mineral terutama di Guinea.

Di Asia Tenggara, Kip Laos menjadi mata uang terendah yang bahkan tidak pernah mengalami devaluasi. Meskipun nilai mata uang negara ini terus meningkat secara bertahap, namun masih saja tergolong ke dalam mata uang dengan nilai terendah di dunia. Untuk 1 dolar AS setara dengan 10.850.52 Kip Laos (LAK).

Lalu nilai tukar Riel Kamboja. Bahkan mata uang Riel Kamboja tidak populer di kalangan orang Kamboja itu sendiri. Masyarakatnya lebih menyukai pembayaran menggunakan dolar AS dan mata uang lain yang lebih kuat.

Kalau nilai tukar Rupiah bagaimana?

Baca Selengkapnya: Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Ada Rupiah?

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini