Share

Menaker Buka Suara soal Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji, Pekerja Segera Cek Rekening! Saldo Bertambah Rp1 Juta

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 320 2592289 menaker-buka-suara-soal-jadwal-pencairan-blt-subsidi-gaji-pekerja-segera-cek-rekening-saldo-bertambah-rp1-juta-lIitGDxho8.jpg BLT Subsidi Gaji Cair Lagi, Cek Rekening (Foto: Okezone)

JAKARTA - BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta segera dicairkan. Pekerja yang memenuhi syarat akan mendapatkan BLT subsidi gaji Rp1 juta yang ditransfer ke rekening.

Salah satu syarat mendapatkan BLT subsidi gaji adalah pekerja dengan upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Tercatat, pemerintah menyiapkan anggaran BLT subsidi gaji untuk 8,8 juta pekerja mencapai Rp8,8 triliun.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pun buka suara soal jadwal pencairan BLT subsidi gaji. Sebelumnya, BLT subsidi gaji akan dicairkan sebelum Lebaran, namun hingga saat ini BLT subsidi gaji masih belum cair.

BACA JUGA: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Hanya Cair untuk Pekerja Ini, Simak Faktanya! 

Ida menjelaskan, saat ini Kementerian Ketenagakerjaan tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 dan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel.

"Saya memohon doa dan dukungan dari saudara- saudara sekalian agar program ini bisa berjalan lancar dan memberi manfaat yang besar bagi pekerja dan perekonomian bangsa," ucap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, saat ini penyaluran BLT subsidi gaji atau BSU masih dimatangkan, baik dari segi data penerima hingga proses penyalurannya.

"Kalau sudah siap semua, kita segera salurkan. Kalau sudah selesai regulasi dan data calon penerima maka langsung disalurkan," kata Anwar kepada Okezone di Jakarta.

Akun Instagram Kemnaker menjelaskan kepada netizen perihal kapan BLT subsidi gaji cair. "Saat ini @kemnaker sedang mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel ya," tulis akun @kemnaker dikutip.

Sebelumnya, Ombudsman Republik Indonesia menemukan permasalahan dalam program penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) Ketenagakerjaan kepada 8,8 juta tenaga kerja yang memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng mengatakan, letak masalahnya ada pada proses validasi data pekerja penerima manfaat BSU.

“Kami melihat ada masalah pada proses validasi data penerima BSU. Perlu di crosscheck. Kami berharap Kemnaker melakukan verifikasi data calon penerima BSU sehingga dapat menyajikan data yang valid serta meminimalisir gagal bayar,” ujar Robert.

Berikut ini dirangkum Okezone, soal syarat yang harus dipenuhi pekerja jika ingin dapat BSU Rp1 juta:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK

2. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021.

3. Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312 dibulatkan menjadi Rp4.800.000

4. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah

5. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini