Share

40% Anggaran Wajib Beli Produk Lokal, Wapres: UMKM Harus Bisa Manfaatkan Peluang Ini

Viola Triamanda, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 320 2601233 40-anggaran-wajib-beli-produk-lokal-wapres-umkm-harus-bisa-manfaatkan-peluang-ini-Qx3IcIvTtZ.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyatakan bahwa pemerintah turut serta berkomitmen untuk mengembangkan UMKM Indonesia. Salah satunya diwujudkan melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada tahun 2020 lalu.

"Bulan lalu saya berkesempatan ke Padang untuk meresmikan Gernas BBI di Sumatra Barat. Saya harap gerakan serupa semakin meluas ke berbagai wilayah Indonesia, sehingga tidak hanya menjadi simbol kebangkitan produk domestik, tetapi juga kendaraan menuju kemandirian ekonomi nasional." ujarnya, Kamis (27/5/2022).

Selain itu, ia menjelaskan bahwa anggaran belanja barang dan jasa pemerintah kini 40% wajib dialokasikan untuk pembelian produk UMKM.

"Untuk semakin menggaungkan keutamaan penggunaan komoditas lokal, anggaran belanja barang dan jasa pemerintah kini 40% wajib dialokasikan untuk pembelian produk UMKM, sebagaimana diamanatkan melalui Perpres Nomor 12 Tahun 2021 yang mengatur tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah" tuturnya.

Dia berharap para pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang ini. UMKM diharap untuk lebih adaptif, kreatif, dan inovatif dalam menciptakan produk-produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar.

"Dalam era digital ini, UMKM tentunya juga harus jeli memanfaatkan hadirnya berbagai platform digital, termasuk media sosial, untuk mendukung perkembangan usahanya, serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi, dan pemasaran produknya." pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini