Share

Ajang Karya Kreatif Indonesia Digelar, Bantu UMKM Tembus Pasar Global

Viola Triamanda, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 320 2601064 ajang-karya-kreatif-indonesia-digelar-bantu-umkm-tembus-pasar-global-BZSYIdSyAt.jpg Ilustrasi UMKM RI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia demi meningkatkan kualitas produk UMKM agar dapat menembus pasar internasional.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Wijayanto menyatakan kebahagiaannya karena pada akhirnya KKI diselenggarakan secara langsung.

"Selamat datang di Karya Kreatif Indonesia tahun 2022, setelah 2 tahun kami melakukan secara virtual, alhamdulillah kita bisa melakukan secara hybrid," ujarnya pada acara KKI, Jumat (27/5/2022).

 BACA JUGA:Pengumuman! Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja, Buruan Daftar Cuma Sampai 22 November

Dia juga menjelaskan selama pergelaran KKI beberapa produk UKMK binaan akan ditampilkan tidak hanya dalam skala nasional tapi juga global.

"Pada tahun ini kami mengangkat tema UMKM Indonesia bangkit melalui digitalisasi dan globalisasi menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," jelasnya.

Menurutnya, tema yang diusung dapat direalisasikan dengan baik jika tiga kata kunci yaitu sinergi, digitalisasi, dan globalisasi berhasil diterapkan.

"Ada tiga kata kunci dalam tema tahun ini, yang pertama yaitu sinergi, digitalisasi dan terakhir globalisasi. Itu tiga kata kunci untuk kita bangkit agar UMKM menjadi kekayaan nasional dan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan juga secara global" ucapnya.

 BACA JUGA:Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 dan S2, Ini Syaratnya

Dia menyebut Karya Kreatif Indonesia tahun 2022 terselenggara dengan baik karena adanya persatuan dari 13 Kementerian, 5 asosiasi dan 26 industri.

Selain itu perbankan juga turut terlibat untuk mencapai satu tujuan agar UMKM dapat dipasarkan mulai dari daerah, nasional, hinggal global.

"Dari digitalisasi bisa kita lihat pembayaran yang cashless dan menggunakan QR mempercepat proses pembayaran. Dari pembeli sampai ke penjual dengan cepat tanpa harus menunggu berhari-hari sehingga cashflow akan meningkat dan itulah kebangkitan UMKM," jelasnya.

Selain itu digitalisasi juga diterapkan dalam pameran kali ini.

"Kita juga akan melakukan kurasi terhadap UMKM yang ada agar layak dipasarkan secara nasional dan global namun tetap dengan harga yang bersahabat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini