Share

11 Cara Menagih Utang agar Segera Dibayar, Ambil Gaji hingga Sita Barang

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 622 2603465 11-cara-menagih-utang-agar-segera-dibayar-ambil-gaji-hingga-sita-barang-hlpKuyWJMq.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ada 11 cara menagih utang agar segara dibayar perlu dilakukan jika Anda sangat membutuhkan uang tersebut. Soal tagih menagih utang ini adalah kegiatan yang susah-susah gampang, tergantung dari yang punya utang.

Namun, seringkali karena persoalan menagih utang hubungan pertemanan bisa menjadi berantakan. Pernyataannya ini pastinya tak sedikit orang yang akan menyetujuinya karena diantara mereka tentu pernah atau sering mengalaminya.

Ada, soal tagih menagih utang ini adalah kegiatan yang susah-susah gampang, tergantung dari yang punya utang. Namun, seringkali karena persoalan menagih utang hubungan pertemanan bisa menjadi berantakan. Pernyataannya ini pastinya tak sedikit orang yang akan menyetujuinya karena diantara mereka tentu pernah atau sering mengalaminya.

Berikut 11 cara menagih utang agar segara dibayar yang dirangkum Okezone dari berbagai Sumber: 

1. Punya Mental baja 

Memiliki mental baja harus dimiliki dalam nagih utang. Salah satunya nagih dengan terus terang. Misalnya, “Sudah terlalu lama nih uang tidak dibalikkan.

Cara ini Anda juga bisa memberikan batas waktu untuk mengembalikan utangnya, seperti “uang dikembalikan tanggal 25 bulan ini ya. Jangan meleset, mau bayar tagihan yang lain’.

Memang agak sedikit menyeramkan ya, tapi mau bagaimana lagi? Tapi ingat ya, lakukan cara ini dengan tegas bukan secara emosional agar utang dibayar dan hubungan pertemanan tetap berjalan aman. 

2. Minta mereka membayar makanan pesanan Anda

Jika ingin sedikit lebih halus lagi, lakukan penagihan dengan memintanya membayar makanan yang sudah Anda pesan. Lalu jika harga pesanan Anda lebih banyak dari utangnya, Anda bisa membayar sisanya.

3. Katakan secara langsung

Menagih secara frontal mungkin sedikit kurang mengenakkan, namun jika tidak ada tanda-tanda dia akan membayar utangnya meski Anda sudah menagih dengan halus, katakan secara langsung.

4.Kasih Tahu Kebutuhan Anda

Teman saja bisa meminjam uang kepada Anda disaat mereka sedang membutuhkan sesuatu, kenapa Anda tidak mencoba sebaliknya? Jika sedang membutuhkan sesuatu bilang langsung saja ke teman yang punya utang.

Misalnya, “Laptop error terus nih, ngerjain tugas jadi keganggu. Harus buru-buru di service. Tapi uangnya kurang terus”

Bisa dibilang cara ini adalah ‘kode keras’ dalam menagih utang, siapa tahu teman langsung peka terhadap kebutuhan Anda dan langsung mengembalikan utangnya.

5. Kirim Lewat Chat 

Bila Anda ada rasa nggak enak menagih utang secara langsung, tenang masih ada cara lain, yaitu melalui chat.

6.Buat semudah mungkin

Buat mereka membayar kembali uang Anda semudah mungkin. Ahli keuangan Melissa Lowry mengatakan lebih cepat menagih akan lebih baik dan tidak menimbulkan kecanggungan. Anda juga bisa menagihnya dengan menggunakan aplikasi pembayaran seperti Gojek, Ovo atau bisa Motion Pay. 

7. Tawarkan Cicilan

Kesepakatan nominal cicilan bisa dimusyawarahkan bersama secara baik-baik dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Hal ini bisa dilakukan jika Anda dan yang pengutang setuju. Tentu cara ini sangat menguntungkan kedua belah pihak. 

8. Hubungi Pihak Keluarga

Mengontak keluarga bisa menjadi cara menagih utang selanjutnya. Temui atau telfon keluarganya dan sampaikan dengan baik bahwa Si Peminjam memiliki utang yang belum dibayar, bahkan setelah berkali-kali ditagih dan diingatkan. Dengan cara ini diharapkan pihak keluarga berempati dan membantu agar uang dibayarkan.

9. Bisa Sita Barang Berharga

Anggaplah seperti sistem gadai, dalam tempo berapa lama tidak ada uang tebusan maka barang tersebut menjadi milik Anda. Hal ini bisa dilakukan dikarenakan peminjam tidak bertanggung jawab. 

10. Datangi Kantornya

Jalan terakhir adalah dengan cara mendatangi pihak HRD yang menangani bagian payroll dimana Si Peminjam bekerja.

Anda bisa ceritakan masalah dengan Manajer HRD dan meminta kerjasamanya untuk memotong gaji Si Peminjam secara otomatis setiap bulan hingga utangnya lunas.

11. Minta sesingkat dan semanis mungkin

Ahli keuangan pribadi di NerdWallet, Kimberly Palmer menygarankan agar Anda menagih dengan singkat dan manis.

"Mereka mungkin lupa bahwa mereka berutang uang kepada Anda. Di akhir percakapan tentang hal lain, Anda bisa menambahkan, 'Oh ngomong-mgomong, apa kamu ingin membayar uang yang aku pinjamkan ke kamu? Transfer atau cash bisa kok'," katanya. (RIN)

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini