Share

Atasi Lonjakan Inflasi, Joe Biden Duduk Bareng Bos The Fed Jerome Powell

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 320 2604010 atasi-lonjakan-inflasi-joe-biden-duduk-bareng-bos-the-fed-jerome-powell-IJraQQCOzW.JPG Presiden Biden temui bos The Fed. (Foto: VOA)

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggelar pertemuan dengan Direktur Bank Sentral AS Jerome Powell untuk membahas upaya berkelanjutan untuk mengendalikan kenaikan harga pada Selasa (31/5/2022).

Di mana kenaikan harga itu terjadi seiring meningkatnya inflasi ke tingkat yang belum pernah terjadi dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Adapun pada periode 12 bulan yang berakhir pada April lalu, Indeks Harga Konsumen, yang melacak pengeluaran rata-rata orang Amerika untuk membayar beragam barang dan jasa, menunjukkan peningkatan sebesar 8,3%, sedikit turun dibanding bulan sebelumnya, tetapi masih pada tingkat yang belum pernah terjadi dalam 40 tahun terakhir.

Biden menyebut masalah itu sangat penting dan menjadi tantangan serius menjelang pemilihan paruh waktu pada November mendatang.

 BACA JUGA:Presiden Joe Biden Undang BTS ke Gedung Putih, Ini Alasannya

Dia menyebut pendapat publik menunjukkan kenaikan harga adalah salah satu kekhawatiran terbesar pemilih saat ini. Inflasi yang tinggi tampaknya telah menurunkan tingkat persetujuan publik atas kebijakan yang diambil presiden.

Dia melaporkan pembicaraan dengan Powell secara hati-hati. Ia terlihat enggan ikut campur dalam urusan Bank Sentral, yang beroperasi secara independen.

Sebagai informasi, sebelum pertemuan dengan Powell, Biden menggunakan editorial opini yang diterbitkan oleh surat kabar Wall Street Journal untuk memberi isyarat bahwa ia tidak ingin terlihat menekan Bank Sentral.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Dia membandingkan dirinya dengan mantan presiden Donald Trump yang kerap membuat pernyataan mengkritisi Powell dan Bank Sentral.

"Pertama, Bank Sentral memiliki tanggung jawab utama untuk mengendalikan inflasi,” kata Biden.

 BACA JUGA:Penembakan Sadis 21 Orang di SD Texas, Biden Minta Warga AS Berdoa Bersama

"Pendahulu saya merendahkan Bank Sentral, dan presiden-presiden sebelumnya itu berusaha mempengaruhi keputusannya secara tidak tepat ketika menghadapi peningkatan inflasi," tambahnya.

Terakhir, dia menegaskan kalau tantangan untuk mengatasi inflasi adalah fokusnya saat ini.

"Saya tidak akan melakukan hal ini. Saya telah menunjuk orang-orang yang sangat tepat dari kedua partai untuk memimpin institusi ini. Saya sepakat dengan kajian mereka bahwa mengatasi inflasi merupakan tantangan ekonomi utama saat ini,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini