Share

Ketahui Perbedaan PPPK dan PNS dari Status Kerja, Gaji dan Cuti

Feby Novalius, Okezone · Rabu 08 Juni 2022 03:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 320 2607089 ketahui-perbedaan-pppk-dan-pns-dari-status-kerja-gaji-dan-cuti-JEUe9Y1Je4.jpg Perbedaan PNS dan PPPK dari Status Kerja hingga Gaji. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) nantinya hanya ada dua, yakni PNS dan PPPK. Menarik untuk diketahui bahwa dua ASN ini memiliki perbedaan dari gaji hingga cuti.

Dari sisi masa Hubungan Perjanjian Kerja, pengangkatan PPPK menggunakan aturan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang diangkat dengan perjanjian kontrak dalam jangka waktu yang ditetapkan.

Pendaftaran PPPK dikontrak minimal setahun dan dapat diperpanjang paling lama hingga 30 tahun tergantung situasi dan kondisi.

Sementara, PNS bersifat tanpa kontrak kerja atau karyawan tetap.

Untuk urusan gaji, PPPK ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018 tentang Manajemen PPPK. Sementara itu, gaji PNS menggunakan PP 15/2019 tentang besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan dan lama masa kerja yang dikenal dengan masa kerja golongan (MKG).

Gaji pokok yang didapatkan PNS paling kecil adalah Rp1.560.800 dan paling besar adalah Rp5.901.200.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sedangkan untuk hak cuti. PNS dan PPPK juga mendapatkan hak-hak cuti, kecuali cuti di luar tanggungan. Hak cuti bagi PPPK adalah cuti sakit, cuti tahunan, dan cuti melahirkan.

Berdasarkan Peraturan BKN Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil, cuti di luar tanggungan negara diberikan kepada PNS yang telah bekerja paling singkat 5 tahun secaraterus-menerus. Cuti di luar tanggungan negara tersebut bisa diberikan kepada PNS paling lama 3 tahun.

Baca Selengkapnya: 5 Perbedaan PPPK dan PNS dari Gaji hingga Cuti

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini