Share

Alasan Presiden Jokowi Stop Ekspor Nikel

Tim Okezone, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 04:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 320 2608105 alasan-presiden-jokowi-stop-ekspor-nikel-OlTeuHZuVu.jpg Alasan Presiden Jokowi larang ekspor nikel (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan melarang ekspor bahan mentah nikel. Dia berharap Indonesia akan menjadi produsen utama produk-produk berbasis nikel.

Bahkan Presiden berencana melarang ekspor bahan mentah bauksit agar Indonesia juga bisa menjadi negara produsen bauksit.

"Keinginan kita sejak lama kenapa kita stop nikel adalah kesitu dan nanti akan dilanjutkan dengan stop ekspor bahan mentah bauksit hingga kita bisa memproduksi barang jadi yang berasal dari aluminium," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (8/6/2022).

Jokowi pun ingin menjadikan Indonesia produsen pertama produk berbasis nikel seperti litium baterai, baterai listrik hingga baterai kendaraan listrik.

Maka dari itu, Jokowi meminta seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk terus memberikan dukungan penuh terhadap proyek industri baterai listrik terintegrasi agar segera terealisasi.

"Dan manfaat dari investasi ini selain tadi yang saya sampaikan ada rekrutmen SDM tenaga kerja 20.000 kita akan juga akan mendapatkan negara akan mendapatkan income negara akan mendapatkan pendapatan tambahan dari investasi ini, baik yang berupa PPH badan PPH karyawan ppn-nya kemudian pnbp-nya semuanya akan kita dapatkan," ungkapnya.

"Dan juga memperkuat neraca perdagangan kita, meskipun sekarang sudah surplus selama lebih dari 20 bulan. dan kita harapkan mampu menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. saya rasa itu yang ingin saya sampaikan," imbuhnya.

Baca Selengkapnya: Jokowi: Kita Stop Ekspor Nikel Supaya Jadi Produsen Utama

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini