Share

4 Fakta Afriansyah Noor Diangkat Jadi Wamenaker, Dunia Kerja RI Bakal seperti Apa?

Zuhirna Wulan Dilla, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 320 2613370 4-fakta-afriansyah-noor-diangkat-jadi-wamenaker-dunia-kerja-ri-bakal-seperti-apa-xfEVQmre68.JPG Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor. (Foto: YouTube/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Afriansyah Noor untuk menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) di Kabinet Indonesia Maju.

Setelah pelantikan itu, serikat pekerja pun langsung buka suara menanggapi Afriansyah Noor menjadi Wamenaker.

Namun, tanggapan dari serikat pekerja itu justru terdengar dingin kepada Afriansyah Noor.

Mereka beranggapan kalau Afriansyah Noor belum tepat menjadi Wamenaker.

Dirangkum Okezone, Sabtu (18/6/2022) berikut fakta Afriansyah Noor jadi Wamenaker:

1. Tanggapan Serikat Pekerja

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek) Mirah Sumirat menyoroti latar belakang Wamenaker yang ditunjuk Kepala Negara. Menurutnya, Afriansyah Noor bukan dari bidang ketenagakerjaan.

"Latar belakang dari Wamenaker bukan dari bidang ketenagakerjaan maka akan dipastikan tugasnya sebagai Wamenaker sepertinya akan hanya sebagai pelengkap saja," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (15/6/2022).

2. Buruh Khawatir Kebijakan Tak Sesuai

Mirah mengaku khawatir kalau nantinya implementasi kebijakan secara nyata di lapangan terlihat banyak yang tidak berpihak pada buruh atau pekerja.

"Salah satu contoh adalah terbitnya Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang pembatasan usia pengambilan BPJS Naker," tegasnya.

3. Profil Afriansyah Noor

Afriansyah Noor merupakan politisi Partai Bulan Bintang (PBB).

Dia dilantik sebagai Sekjen PBB oleh Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Saat itu, Yusril melantik 35 orang pengurus Dewan Pengurus Pusat PBB untuk periode 2019-2024.

Afriansyah bergabung dengan partai berlambang bulan dan bintang ini sejak tahun 1998. Pada 2019, dia mengikuti kontestasi pemilihan anggota legislatif.

Afriansyah maju di daerah pemilihan Sumatera Selatan I, yang mencakup Kota Palembang, Musi Rawas, Muratara, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Lubuk Linggau. Pemilu 2019 itu menjadi ajang pertarungan keempat bagi Afriansyah untuk maju sebagai caleg dari Partai Bulan Bintang.

4. Siap Bantu Ida Fauziyah

Afriansyah Noor mengaku siap membantu tugas Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah yang merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam bidang ketenagakerjaan.

"Saya harus bersinergi, Ibu Ida sendiri kan dari Partai Kebangkitan Bangsa harapannya bisa menjalankan organisasi bersama sama untuk Indonesia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini