Share

Potensi Energi Hijau Besar, RI Dilirik Banyak Investor

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 320 2614736 potensi-energi-hijau-besar-ri-dilirik-banyak-investor-7K9B1YajBh.jpg Ilustrasi energi RI. (Foto: Kementerian ESDM)

JAKARTA - Indonesia memiliki banyak potensi energi hijau. Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia memiliki potensi energi Surya sebesar 207 gigawatt, energi air mencapai 75 gigawatt, energi angin 60 gigawatt, bio energi 32 gigawatt, panas bumi 23 gigawatt dan air laut sebesar 17 gigawatt.

Hal ini yang membuat banyak negara di dunia tertarik untuk melakukan investasi di Indonesia terutama di bidang industri energi hijau.

Koordinator Wakil Ketua Umum III Kamar Dagang (Kadin) Indonesia, Shinta W Kamdani mengatakan setiap perwakilan Indonesia berkunjung ke berbagai negara yang menjadi perhatian adalah indsutri energi hijau.

"Kemanapun sekarang di dunia, itu semua interest nya ya sama industri hijau ini. Memang Indonesia yang dianggap punya banyak potensi di dalamnya," ujar Shinta dalam program Market Review di IDX Channel, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, alasan Indonesia yang dilirik untuk berinvestasi di industri energi hijau karena potensinya yang sangat besar.

"Lihat semua sekarang secara global negara harus mencapai net zero. Nah untuk masuk net zero itu kalau misalkan energi kan harus ada energy transition. Ini peluangnya di Indonesia kan sangat besar untuk hal-hal semacam ini," ungkapnya.

Dia menyampaikan meskipun di tengah tekanan global saat ini dengan adanya konflik Ukraina dan Rusia, fokus industri hijau masih sangat kental.

"Saya lihat dari mulai kita roadshow sejak dari Amerika industri energi hijau itu sudah keliatan kental apapun yang terjadi secara global," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini