Share

Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Cair Rp1,2 Juta

Diana Purnamasari, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 320 2618992 bantuan-tunai-pedagang-kaki-lima-cair-rp1-2-juta-x9gL5Y4Xk2.jpg BLT Pedagang Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - c (Pedagang Kaki Lima) PKL dan pemilik warung pada tahun ini.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, hari ini sudah sebanyak 240 ribu PKL dan PW yang sudah menerima bantuan sebesar Rp1,2 juta.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 34 Masih Dibuka, Cek Lagi Syarat dan Cara Daftarnya!

Airlangga menjelaskan, mekanismenya selama ini yaitu petugas Polri dan TNI akan terjun langsung untuk mendata dan melakukan verifikasi PKL dan PW yang berhak menerima bantuan BT-PKLW.

“Calon Penerima yang telah terdata dan terverifikasi itu akan menerima undangan pengambilan bantuan di Kantor Polres atau Kodim setempat,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Pencairan Bantuan Modal Kerja, Yuk Buruan Cek Ada Jutaan Rupiah!

Sebelumnya, Pemerintah telah meluncurkan BLT untuk PKL dan pedagang warteg senilai Rp1,2 juta per orang.

Hal tersebut sebagaimana diputuskan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta. Presiden Jokowi meminta secara khusus agar asosiasi menggunakan data PKL dalam menyalurkan BLT kepada 1 juta penerima.

“Asosiasi PKL berkepentingan untuk ikut terlibat dalam penyaluran bantuan Rp1,2 juta," kata Teten.

Sebagai informasi. Anggaran bantuan sosial 2022 ditambah lagi hingga Rp18,6 triliun. Alokasi anggaran tersebut menjadi tambahan untuk berbagai bansos yang akan dicairkan di bulan ini seperti BLT minyak goreng, kartu prakerja dan sebagainya.

Program keluarga harapan (PKH) dicairkan Rp28,7 triliun, program kartu sembako senilai Rp45,1 triliun, dan program kartu prakerja sebesar Rp11 triliun.

Dalam bentuk BLT desa dicairkan Rp28,8 triliun dan penerima bantuan iuran jaminan kesehatan nasional (PBI JKN) senilai Rp46,5 triliun.

Serta bantuan pedagang kaki lima, warung, dan nelayan (PKE) sebesar Rp1,7 triliun serta BLT minyak goreng senilai Rp7,5 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini