Share

4 Alasan Mengapa Lokasi Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan padahal Produknya Sama Saja

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 30 Juni 2022 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 320 2620958 4-alasan-mengapa-lokasi-indomaret-dan-alfamart-selalu-berdekatan-padahal-produknya-sama-saja-OdVeADHMVm.jpg Alasan mengapa lokasi Alfamart dan Indomaret berdekatan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Alasan mengapa lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan padahal produknya sama saja. Jika dilihat secara seksama di mana ada Indomaret pasti ada Alfamart. Keduanya seperti tak bisa dipisahkan begitu saja dengan persaingan yang ketat.

Padahal kenyataannya, kedua minimarket tersebut menjual produk yang sama. Lantas, apa alasan lokasi indomaret dan alfamart selalu berdekatan padahal produknya sama saja? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Alasan Mengapa Lokasi Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan padahal Produknya Sama Saja

Berikut ini alasan mengapa lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menarik Pasar Lebih Luas

Strategi marketing menjadi alasan utama di balik 'fenomena' ini. Kedua gerai tentu retail memiliki tujuan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Sehingga keduanya memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory. Hotelling Theory merupakan teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Teori ini memiliki fokus pada pemilihan lokasi dengan presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

2. Hemat Dana Riset

Alasan lain lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan juga tak lain tak bukan untuk menghemat dana riset. Diketahui, jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka dapat dipastikan potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Hal ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau retail minimarket.

3. Memiliki Keunggulan yang Berbeda

Di mata konsumen, Indomaret dan Alfamart mungkin tampak selayaknya saudara kandung yang memiliki banyak persamaan. Akan tetapi, keduanya memiliki keunggulan masing-masing, seperti mengusung keunggulan dari segi harga lebih murah, kapasitas toko lebih luas, pelayanan lebih ramah atau kenyamanan suasana.

4. Membangun Kesan Konsumen

Saat konsumen datang ke salah satu minimarket, maka para karyawan bertugas untuk membangun persepsi positif kepada pelanggan agar mau datang kembali ke gerai mereka. Sama halnya dengan kedua minimarket ini, masing-masing gerai akan menunjukkan keunggulannya tersendiri untuk memikat hati pelanggan.

Demikian alasan mengapa lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan padahal produknya sama saja.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini