Share

5 Jenis Sapi yang Sering Digunakan Masyarakat Indonesia untuk Hewan Kurban

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 05 Juli 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 320 2623780 5-jenis-sapi-yang-sering-digunakan-masyarakat-indonesia-untuk-hewan-kurban-MbtmKtMYkS.jpg 5 Jenis Hewan Kurban (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lima jenis sapi  yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk hewan kurban. Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 Masehi tinggal menghitung hari. Di momen ini mulai banyak penjual hewan kurban seperti sapi, kambing, hingga domba yang beredar di penjuru daerah Indonesia.

Salah satu jenis hewan yang banyak dipilih masyarakat Indonesia sebagai hewan kurban adalah sapi. Umumnya, dalam memilih hewan kurban seperti sapi dan lainnya, orang yang berkurban wajib mengetahui jenis hewannya, sebab beda jenis tentu berbeda harga serta kualitasnya.

Lantas, apa saja jenis sapi yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk hewan kurban? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. Sapi Bali

Sapi Bali termasuk satu jenis hewan kurban yang umum dijumpai dan paling banyak dipilih masyarakat Indonesia saat berkurban.

Selayaknya namanya, jenis sapi ini berasal dari Pulau Bali. Ciri khas sapi Bali adalah memiliki kulit dengan warna keemasan dan hitam. Sementara di bagian tertentu seperti lutut hingga kaki memiliki warna yang lebih terang atau putih.

Umumnya, sapi Bali memiliki rata-rata berat hingga 250 kilogram dengan harga jual yang berada di kisaran Rp17 juta.

2. Sapi Madura

Sama halnya dengan Bali, Pulau Madura juga memiliki jenis sapi sendiri yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Sapi Madura dikenal dengan ciri khas tubuh yang cenderung mungil dengan kaki pendek yang kuat. Tubuh sapi Madura umumnya berwarna merah bata cenderung kecoklatan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kebanyakan masyarakat yang memilih sapi ini untuk kurban sebab harganya yang jauh lebih murah dibanding sapi Bali. Rerata sapi Madura berada di kisaran Rp15 juta.

3. Sapi Limosin

Sapi yang berasal dari Prancis ini juga termasuk salah satu jenis sapi yang cukup populer dan dijadikan pilihan masyarakat saat berkurban. Sapi Limosin terkenal dengan warna tubuhnya yang cenderung gelap dengan warna-warna seperti krem, merah bata, dan terkadang hitam. Akan tetapi, pada bagian tertentu seperti lutut bagian bawah dan area sekitar mata umumnya memiliki warna yang cenderung lebih terang.

Sapi jenis ini juga terkenal dengan kualitas dagingnya yang empuk dan relatif rendah lemak dengan bobot yang dapat mencapai lebih dari 1 ton. Oleh sebab itu, sapi Limosin memiliki harga yang relatif mahal yaitu mulai dari Rp20 juta.

4. Sapi Simmental

Sapi impor lainnya yang juga disukai masyarakat Indonesia adalah sapi Simmental. Sapi ini berasal dari negara Eropa lainnya yakni Swiss. Nama sapi ini diambil dari nama Sungai Simme yang terletak di Bernese Oberland, Kanton Bern, Swiss, yang merupakan habitat asli sapi ini.

Sapi Simmental terkenal dengan warna bulunya yang berupa coklat kemerahan dengan corak putih di bagian tubuhnya. Tak hanya itu, sapi ini terkenal dengan postur tubuh yang kekar berotot dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi.

Seekor sapi Simmental kelamin jantan dewasa siap kurban bisa mencapai tinggi badan 170 sentimeter dengan bobot rerata mulai dari 800 kg hingga 1,2 ton.Tak heran, sapi ini menjadi pilihan umat Islam yang memiliki rezeki lebih untuk berkurban, dengan harga jualnya yang dimulai dari Rp22 juta.

5. Sapi Ongole

Sapi Ongole adalah jenis sapi yang berasal dari luar negeri, tepatnya dari India, yang mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia. Sapi ini termasuk sapi jenis Zebu yang memiliki ciri utama warna kulit putih, terkadang juga berwarna merah terang.

Sedangkan di bagian mata-mata dan kipas ekor memiliki rambut dengan warna gelap atau hitam. Warna kehitaman lainnya juga dapat ditemukan di bagian pantat, lutut, punuk, leher, kepala, hingga gelambirnya.

Secara bentuk badan, sapi ini terkenal dengan ciri khas punuk yang besar dengan lipatan lemak yang bergelambir yang melipat hingga bagian pusar sapi. Sapi ini rata-rata memiliki berat badan mulai dari 400 kg dengan rerata harga jual yang sebesar Rp18 juta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini