Share

Penampakan Minyakita, Berikut 7 Fakta Migor Curah Kemasan Rp14.000

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 09 Juli 2022 04:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 320 2626038 penampakan-minyakita-berikut-7-fakta-migor-curah-kemasan-rp14-000-plqwVqpyIr.jpg Penampakan Minyakita (Foto: Kemendag)

JAKARTA Minyak goreng curah kemasan sederhana atau Minyakita telah diluncurkan pemerintah. Minyakita dipasarkan di seluruh Indonesia dengan harga Rp14.000 per liter.

Mendag Zulkifli Hasan memaparkan mengenai progres dari minyak goreng yang selama ini menjadi masalah di masyarakat. Menjawab hal ini, Mendag menyatakan akan meluncurkan Minyak Goreng Rakyat Kemasan dengan harga Rp14.000 yang dinamai Minyakita.

Berikut adalah fakta mengenai minyakita yang dirangkum Okezone, Sabtu (9/7/2022).

1. Minyakita mudah didapatkan

Mendag menjelaskan bahwa dengan adanya minyak goreng rakyat kemasan ini dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan stok serta mempermudah proses distribusi agar merata sampai ke Pelosok negeri.

“Dengan adanya Minyak Goreng Rakyat kemasan ini akan mempermudah proses distribusi, menjaga kebersihan sampai ke tangan konsumen. Minyak kita ini akan disalurkan melalui berbagai mitra dari Kemendag, dengan harapan dapat tersalurkan dengan baik serta tetap dengan harga terjangkau yaitu Rp14.000,” ujarnya.

2. Kantongi izin BPOM dan SNI

Zulkifli Hasan mengatakan, Minyakita merupakan trobosan Kemendag sebagai salah satu upaya agar minyak goreng bisa terdistribusi dengan murah dan aman. Mendag pun memastikan Minyakita memiliki izin BPOM dan sesuai SNI.

"Sudah sesuai dengan BPOM dan SNI," jelas Zulkifli.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Lebih Praktis

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Edy Priyono mengatakan bahwa peluncuran minyak goreng curah kemasan dimaksudkan untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan di masyarakat. Terutama di daerah-daerah yang selama ini sulit dijangkau.

“Dengan dikemas maka distribusi minyak goreng curah akan lebih cepat, praktis, dan bisa menjangkau daerah-daerah yang sulit. Selain itu, juga untuk menjaga kualitasnya,” kata Edy.

4. Pasokan Minyakita 10.000 liter

PLT Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menyampaikan pembukaan perdana minyakita, jumlah Minyakita yang digelontorkan sebanyak 5.000 liter.

"Hari ini ada 5.000 liter, dan akan di jual kepada masyarakat umum. Para pedagang, ibu-ibu bisa beli di sini," ujar Syailendra pagi ini.

Dalam sambutannya, Syailendra juga menyampaikan bahwa per hari ini sebanyak 10.000 liter Minyakita akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

5. Minyak goreng curah biasa tetap ada

Zulkifli Hasan (Zulhas) menekankan meskipun ada Minyakita, penjualan minyak goreng curah rakyat (MGCR) tidak tetap ada, alias tidak dihapus.

"Curah tetap ada. Tidak ada perubahan apa pun. Ini hanya tambahan saja supaya masyarakat bisa ada pilihan," kata Zulhas.

6. Diproduksi 300 Ribu Ton/Bulan

Zulkifli Hasan atau Zulhas menyampaikan, minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyakita akan diproduksi 3 juta ton per tahun atau 300 ribu ton per bulan.

"Kami sudah sepakat dengan pengusaha, 3 juta ton per tahun. Jadi 300 ribu ton per bulan dan kami anggap itu cukup,” kata Zulkifli Hasan.

7. Pedagang ragu

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) meragukan minyak goreng kemasan sederhana merek Minyakita bisa dijual Rp14.000 di seluruh Indonesia. Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) memiliki harapan program Minyakita tersebut dapat terdistribusi Rp14.000 per liter sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Namun hal ini dinilai akan mengalami kebuntuan jalan apabila permasalahan utama tidak terselesaikan.

“Kami dari IKAPPI sebenarnya menyambut baik adanya program MinyakKita ini, namun jujur kita memiliki keraguan apabila masalah utama (di sisi hulu) tidak terselesaikan” ungkap Wasekjend DPP IKAPPI, Ahmad Choirul Furqon dalam keterangan tertulisnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini