Share

Mendag Segera Buat Aturan Investasi Aset Kripto, Begini Tanggapan Pengusaha

Antara, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 320 2626469 mendag-segera-buat-aturan-investasi-aset-kripto-begini-tanggapan-pengusaha-bm7Cnb1u1B.png Aturan Investasi Kripto. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Pelaku industri kripto Tanah Air menyambut baik rencana Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang memastikan kementerianya akan menyiapkan regulasi untuk investasi aset kripto agar lebih aman.

"Dengan adanya regulasi kripto, Indonesia yang merupakan salah satu negara yang menerima kehadiran kripto di dunia, sedang menciptakan iklim aset kripto yang semakin baik. Saya berharap, industri kripto akan semakin baik di tangan beliau," ujar CEO Indodax Oscar Darmawan, di Jakarta, dikutip dari Antara, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga: Meta Resmi Tutup Layanan Dompet Digital Kripto Novi, Kenapa?

Menurut pemimpin perusahaan platform jual-beli bitcoin dan aset kripto di Indonesia itu, hal tersebut merupakan langkah baik untuk kemajuan industri kripto sebagai salah satu penopang ekonomi digital.

Oscar menambahkan bahwa terbitnya regulasi itu nantinya, menunjukkan bahwa pemerintah memiliki fokus terhadap kripto sebagai komoditas digital yang kian digandrungi dewasa ini. Dorongan dan regulasi dari pemerintah tentu akan sangat mendukung tumbuh kembang industri aset kripto.

Baca Juga: Tipu Korban hingga Rp60 Triliun, 'Ratu Kripto' Masuk Daftar Buronan Paling Dicari FBI

Sebagai pelaku industri, Oscar pun tentu membuka diri untuk bisa melakukan kolaborasi dengan pemerintah dalam hal edukasi atau apapun dengan tujuan utama sama sama membangun dan memajukan industri kripto.

Oscar menilai, tujuan dari pemberlakuan regulasi tersebut yaitu untuk menciptakan perlindungan pada konsumen. Ia mengharapkan regulasi baru nantinya juga tidak akan memberatkan pihak mana pun baik itu pelaku industri ataupun investor.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Semoga saja regulasi ini juga makin memudahkan bursa berjangka kripto yang kemarin dibentuk bersama teman-teman industri lainnya segera disahkan jadi ekosistem kripto Indonesia lengkap dan semakin dapat mendukung ekonomi digital," kata Oscar.

Dari sisi ekonomi digital, Oscar melihat bahwa trading aset kripto pun kini sudah menjadi mata pencaharian beberapa masyarakat Indonesia. Dengan perilaku masyarakat yang mengandalkan aktivitas trading kripto sebagai mata pencaharian, tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi digital.

"Kami berharap bisa mendukung Kementerian Perdagangan untuk bersama sama memajukan industri kripto dan blockchain di Tanah Air," pungkas Oscar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini