Share

Bantu Tangani Wabah PMK, Mentan Australia Bakal ke Indonesia

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 12 Juli 2022 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 320 2628442 bantu-tangani-wabah-pmk-mentan-australia-bakal-ke-indonesia-HDaBK5zd8H.jpg Mentan Australia merapat ke RI tangani wabah PMK. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia, Murray Watt akan mengadakan pertemuan tatap muka dengan Pemerintah Indonesia pada pekan ini untuk menghentikan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia.

Menteri Watt akan bertemu Pemerintah Indonesia didampingi oleh pejabat senior dari Departemen Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, termasuk Kepala Dokter Hewan Australia Mark Schipp, bersama dengan Presiden Federasi Petani Nasional Fiona Simson.

Kunjungan delegasi tingkat tinggi ini menunjukkan sikap yang sejalan antara pemerintah dengan sektor pertanian.

 BACA JUGA:Menko PMK: Aturan Turunan UU TPKS Sedang Dikebut Pemerintah

Menteri Watt menjelaskan kalau kunjungan dua hari ini merupakan tindak lanjut pemerintahan Albanese dalam melawan penyakit PMK.

Kemudian membangun upaya-upaya biosekuriti yang baru, termasuk pemindaian ekstra terhadap pelancong, bagasi dan surat, anjing pendeteksi biosekuriti, serta informasi lebih lanjut untuk pelancong dan petunjuk di bandara.

Misi dari Kementerian ini akan memperkuat upaya kedua negara untuk mencegah penyebaran PMK lebih lanjut.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

“Pemerintahan Albanese mengambil tindakan tegas terhadap PMK baik di dalam maupun luar negeri. Pendekatan dua arah ini merupakan langkah untuk memperkuat pertahanan biosekuriti di dalam negeri, serta mendukung Indonesia dalam menangani dan menghentikan wabah yang terjadi,” kata Menteri Watt dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Australia yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (12/7/2022).

Kunjungan ini dilaksanakan atas landasan yang kuat dari kunjungan Perdana Menteri Albanese ke Indonesia bulan lalu.

Di mana dia menawarkan vaksin dan keahlian teknis untuk membantu Indonesia menangani PMK.

“PMK akan memiliki dampak yang signifikan terhadap sektor pertanian Australia jika mencapai kawasan kami, dan kami mengambil langkah-langkah praktis untuk mencegahnya,” tambah Menteri Watt.

Selama kunjungannya di Indonesia, Menteri Watt akan bertemu dengan Menteri Pertanian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Menteri Perikanan Indonesia, serta dengan perwakilan agribisnis terkemuka Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini