Share

UMKM Pinjam ke Bank, Jokowi: Hati-Hati, Jangan Ngasal Ambil!

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 13 Juli 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 320 2628781 umkm-pinjam-ke-bank-jokowi-hati-hati-jangan-ngasal-ambil-WAgasbR926.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) ke bank-bank yang telah ditunjuk pemerintah

Menurutnya  jika masyarakat khususnya pelaku UMKM memanfaatkan KUR dengan baik, maka usaha mereka akan berpengaruh pada usaha dan perekonomian Indonesia.

"Jadi kalau sudah pegang ini, dan peluang usahanya ada, peluang pasarnya ada, segera bapak ibu semuanya berbondong-bondong ke BRI. Atau ke bank-bank lain yang menyalurkan kredit KUR," katanya dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/7/2022).

Jokowi menyebut bahwa bunga dari KUR terdapat tidak terlalu besar. Karena dananya berasa dari pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Mumpung karena ini dana PEN karena pandemi kemarin, mumpung bunganya masih 3 persen per tahun," jelasnya.

Namun, Jokowi meminta para pelaku UMKM untuk berhati-hati saat mengajukan pinjaman. Karena, jika pinjaman tersebut digunakan untuk keperluan lain bukan usaha , Jokowi memastikan bahwa pengembaliannya akan sulit.

"Kalau pinjam kredit ke bank itu juga hati-hati. Dihitung, dikalkulasi, jangan ngasal ngambil. Ada peluang dapat Rp 200 juta, ambil 200 juta. 100 jutanya untuk beli mobil. Saya jamin ga ada bisa ngembalikan, saya jamin ga akan bisa ngembalikan," ungkapnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Sebelumnya realisasi KUR baru 49 persen dari total yang dianggarkan yakni Rp373 triliun.

"Per April ini juga sebuah informasi yang baik, per April 2022 realisasi kredit perbankan sudah Rp 1.195 triliun. Dan untuk KUR nya kita anggarkan ini Rp373 triliun tahun ini, tapi yang realisasi baru separunya 49 persen," ujar Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini