Share

Ngeri! 60% Negara Miskin Terancam Bangkrut

Feby Novalius, Okezone · Sabtu 16 Juli 2022 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 320 2630170 ngeri-60-negara-miskin-terancam-bangkrut-QTQlP0LeyC.png Negara Miskin Terancam Bangkrut. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Banyak negara utamanya negara miskin diprediksi tak sanggup membayar utang dan menjadi negara bangkrut seperti Sri Lanka.

Menteri Keuangan Sri Muluyani mengungkapkan bahwa 60% negara miskin terancam bangkrut. Sementara negara berkembang memiliki kemungkinan tak bisa membayar utang di tahun depan.

Baca Juga: 60% Negara Miskin Bakal Ikuti Jejak Sri Lanka Bangkrut

"Sekitar 60% dari negara-negara berpenghasilan rendah sudah atau hampir bangkrut. Sementara banyak negara berkembang mungkin tidak dapat memenuhi pembayaran utang selama tahun depan," imbuhnya.

Menurutnya, ancaman gagal bayar utang bukan hanya terjadi di negara miskin. Tingkat utang negara menegah bahkan maju juga terancam meningkat.

Baca Juga: Waduh! Sri Mulyani Bilang Banyak Negara Terancam Tak Bisa Bayar Utang Tahun Depan

Ancaman kenaikan utang juga terjadi pada negara menengah dan maju. Dia mengungkapkan saat membuka pertemuan ketiga menteri keuangan dan bank sentral.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Dia menilai, ancaman kenaikan utang ini harus segera diantisipasi karena tidak hanya terjadi di satu dua negara.

"Ini menjadi meluas ini menjadi masalah yang perlu menjadi perhatian menteri keuangan dan gubernur bank sentral bersama dengan organisasi internasional lembaga multilateral," jelasnya.

Baca Selengkapnya: 60% Negara Miskin Bakal Ikuti Jejak Sri Lanka Bangkrut

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini