Share

7 Fakta BLT UMKM Diprotes, Emak-Emak Penjual Sayur Langsung Adukan ke Jokowi

Feby Novalius, Okezone · Senin 18 Juli 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 320 2631383 7-fakta-blt-umkm-diprotes-emak-emak-penjual-sayur-langsung-adukan-ke-jokowi-kY8Lnq7zap.jpg Presiden Jokowi Bagikan Bansos ke Warga. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - BLT UMKM menjadi salah satu bantuan sosial (Bansos) yang sangat dinatikan pelaku usaha. Bantuan tersebut ditargetkan bisa diberikan ke 12 juta pelaku UMKM tahun ini.

Namun dalam prosesnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang mendapat keluhan terkait BLT UMKM.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait BLT UMKM diprotes emak-emak penjual sayuran, Senin (18/7/2022):

1. Diprotes saat Bagikan NIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat keluhan dari emak-emak penjual sayur yang merupakan salah satu penerima Nomor Induk Berusaha (NIB).

Baca Juga: Jokowi Dicurhati Emak-Emak Penjual Sayur yang Tak Dapat Bantuan UMKM

Dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan, Presiden memanggil lima pelaku UMK untuk naik ke atas panggung untuk berdialog singkat.

2. Presiden Tanya Pelaku UMKM

Presiden bertanya kepada penjual sayur yang bernama Sulastri perihal kredit dari bank.

"Pertanyaan saya, Bude sudah kredit di Bank belum?" tanya Jokowi kepada penjual sayur yang akrab disapa Bude itu.

Baca Juga: 7 Fakta BLT Rp600.000 Tidak Cair ke Semua UMKM

3. Momen Jokowi Dicurhati Pelaku UMKM

"Justru itu yang mau saya laporkan, pak Jokowi. Karena saya nggak punya kredit KUR, kenapa saya waktu ada bantuan UMK saya nggak dapat," respon Bude.

4. Menanti BLT UMKM daripada Pinjam ke Rentenir

Menurutnya, pemberian bantuan itu sangat penting dibagikan merata kepada pelaku UMK seperti dirinya agar tidak masuk perangkap rentenir.

"KUR kan waktu itu ditawarkan supaya kita pelaku UMK tidak jatuh ke rentenir. Tapi kemarin setelah pandemi itu ada bantuan ke UMKM, saya nggak dapat, gimana tuh pak," seru Bude.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

5. Jawab Jokowi Soal BLT UMKM

Jokowi menjelaskan, terkait bantuan UMKM memang tidak disalurkan secara menyeluruh, artinya hanya sebagian dari jumlah UMKM yang ada.

"Sekarang gini, kalau yang bantuan, itu memang dari 65 juta UMKM, yang kita bantu memang tidak semuanya, hanya 20 juta. Jadi ada yang tidak dapat," terang Jokowi.

6. Semangat dari Presiden

Jokowi mengapresiasi semangat Bude yang terus memajukan usahanya meski diterpa persoalan.

Pasalnya, dari pengakuan Bude, meski tidak mendapat bantuan UMKM dari pemerintah, dia tetap memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mengembangkan usaha sayurnya.

Terlebih, Bude juga disiplin membayar pinjaman tersebut.

"Sekarang saya sudah punya KUR, terakhir pinjam Rp25 juta. Sudah lunas. Saya mau pinjam Rp25 juta lagi nggak mau banyak-banyak karena harus dilunasi," tukas Bude.

7. Syarat BLT UMKM

Adapun syarat dapatkan BLT UMKM di antaranya, Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP. Memiliki usaha mikro (UMKM) yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan.

Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU). Bukan PNS/PPPK (ASN).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini