Share

Begini Cara Menteri ESDM Jaga Pasokan BBM RI

Rizky Fauzan, MNC Portal · Kamis 28 Juli 2022 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 320 2637648 begini-cara-menteri-esdm-jaga-pasokan-bbm-ri-5T9RjMyn3b.jpg Pertamina. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa akan menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) terjaga untuk masyarakat.

"Pertama kami jaga pasokan, kedua kami laksanakan peraturan ini sesuai dengan revisi (Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014)," kata Arifin dalam acara Forum Kapasitas Nasional II-2022 l, Rabu (27/7/2022).

Arifin menuturkan, jika nantinya kuota BBM subisidi yang telah ditetapkan jebol, pihaknya memastikan telah ada hitungan terkait data yang tidak tertampung.

 BACA JUGA:Kementerian ESDM Konversi 1.000 Motor Bensin ke Motor Listrik

Lanjutnya, berbicara mengenai potensi penambahan anggaran untuk BBM, Arifin mengatakan hal tersebut bergantung pada harga minyak dunia yang saat ini masih mengalami fluktuasi.

"Kami harus lihat fluktuasi dari harga minyak dunia karena kan masih fluktuatif yang tertinggi pernah 117, tapi kemarin sudah turun sedikit di atas 100, kemarin juga sudah disampaikan bahwa Rusia dan Ukraina sepakat untuk mengamankan pasokan gandum dan pupuk, kami harap juga ke depan mudah-mudahan migas juga demikian," jelasnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Dia menyebut mengenai proyeksi kenaikan anggaran ada tiga skenario yang akan terjadi, yaitu worst case, good case, dan normal case.

"Ini kita kan (harga minyak) 100, tapi kalau worst case hitunganya bisa jadi 200 kalau 200 itu dikalikan dua saja. Nah, ini yang harus bisa kami antisipasi, untuk itu kami memang harus tepat sasaran," ungkapnya.

Menurutnya, jika memang terjadi beberapa skenario terburuk, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan beberapa kementrian terkait, termasuk Kementrian Keuangan, untuk dapat menjaga pasokan BBM sampai kepada masyarakat.

"Ya kami harus koordinasi selalu," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini