Share

Oleh-Oleh Jokowi ke China dan Jepang, Berikut Faktanya

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Sabtu 30 Juli 2022 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 320 2638869 oleh-oleh-jokowi-ke-china-dan-jepang-berikut-faktanya-WArHDXv30C.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA – Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan kerja ke China dan Jepang. Jokowi pun membawa aoleh-oleh dari kedua negara tersebut.

Berikut fakta-fakta Jokowi ke China dan Jepang yang dirangkum Okezone, Sabtu (30/7/2022):

1. Investasi China

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut mendampingi Presiden Jokowi ke China. Dia membeberkan sejumlah kesepakatan kerja sama antara Indonesia dan China.

Kesepakatan ini baik di sektor pertanian, perikanan, kendaraan listrik, dan investasi di sektor lainnya.

2. Borong1 Juta Kelapa Sawit

Untuk industri pertanian, Erick memastikan harga tandan buah segar (TBS) sawit akan terjaga baik. Hal ini menyusul rencana pemerintah China memborong 1 juta kelapa sawit dari petani Indonesia.

Erick menyampaikan pemerintah China telah menyepakati pembelian 1 juta hasil produk kelapa sawit dan produk pertanian lainnya.

"Hal ini akan menjaga harga kelapa sawit Indonesia dan harga tandan buah segar para petani sawit. Pemerintah terus menjaga petani Indonesia dan pembukaan lapangan kerja," ujar Erick,

3. Investasi Jepang Rp75 Triliun

Presiden Jokowi membawa oleh-oleh dari Jepang. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan saat ini Indonesia mendapatkan komitmen investasi dari Jepang senilai USD5,2 miliar atau sekitar Rp75 triliun.

Komitmen investasi tersebut datang setelah kunjungan Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja bersama Kementerian Investasi/BKPM pada acara Japan CEO Meeting 2022.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

4. Berjalan Lancar

Menteri Investasi, Bahlil mengatakan kesiapannya untuk mengawal investasi dari Jepang ini. Bahlil berharap agar investasi perusahaan asal Jepang dapat berjalan dengan lancar sekaligus dapat berjalan beriringan dengan pengusaha Indonesia secara harmonis dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Kami tawarkan peluang emas bagi para investor Jepang untuk berinvestasi di Indonesia guna meningkatkan ketahanan rantai pasok bagi masyarakat Indonesia dan Jepang di masa depan,” ujar Bahlil pada keterangan tertulisnya dikutip.

5. Minat Investasi ke RI

Adapun beberapa perusahaan yang hadir menyampaikan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia adalah Toyota Motor Corp di bidang kendaraan berbasis hybrid; Sojitz Corp di bidang proyek methanol bekerja sama dengan PT Pupuk Indonesia.

Selain itu ada Mitsubishi Corp di bidang industri otomotif dan polyester film; Mitsubishi Motors Corp di bidang industri otomotif; Mitsubishi Chemical Corp di bidang industri polyester film; Denso Corp yang ingin merelokasi usahanya dari Amerika di bidang industri suku cadang kendaraan roda empat.

6. Perusahaan Jepang

Selanjutnya ada Toyota Shusho di bidang pengelolaan Pelabuhan Patimban; Sharp Corp di bidang pabrik AC; Inpex Corp di bidang industri migas; dan Kansai Electric Power di bidang industri pembangunan pembangkit listrik.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran dan penyampaian minat investasi dari CEO dan pimpinan perusahaan Jepang yang saya yakin berharga bagi hubungan kedua negara," lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini