Share

Sandiaga Uno: Industri Musik Jadi Bagian Kebangkitan Ekonomi!

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Selasa 02 Agustus 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 320 2640701 sandiaga-uno-industri-musik-jadi-bagian-kebangkitan-ekonomi-2MkPekIv8v.jpg Menparekraf Sandiaga Uno ajak musisi bangkitkan ekonomi (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak musisi ikut serta membuka lapangan kerja bagi pelaku ekonomi kreatif terutama yang bergerak di subsektor musik. Hal ini dia sampaikan saat menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI).

Dalam Pelantikan Pengurus DPP PAPPRI periode 2022-2027 di Gedung Sekar Wijayakusuma, Jakarta Timur, Senin (1/8/2022), Menparekraf Sandiaga mengatakan pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi sektor ekraf, terutama bagi pelaku-pelaku yang bergerak di subsektor musik.

Namun demikian, seiring dengan kembali pulihnya sektor ekraf pascapandemi COVID-19, ada banyak lapangan kerja yang bisa diciptakan di subsektor musik.

"Ada banyak lapangan kerja yang tercipta dari subsektor musik ini. Jadi sekali lagi kami ingin menginisiasi kerja sama yang lebih erat dengan Pappri untuk kebangkitan kita dan ada banyak sekali event-event yang bisa kita kolaborasikan bersama dalam rangka kita pulihkan ekonomi kita dan ciptakan lapangan kerja khususnya di subsektor musik," kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menuturkan musik merupakan bagian dari sektor ekraf yang terus berkembang pesat di Indonesia. Selain itu, musik juga berkaitan erat dalam aktivitas masyarakat sehari-hari dan beririsan dengan subsektor-subsektor ekraf lainnya.

Diketahui, sektor ekraf di Indonesia menyumbang pendapatan yang besar bagi perekonomian bangsa. Di mana, subsektor ekraf di Indonesia berkontribusi 7,5 persen bagi pendapatan domestik bruto (PDB) nasional tahun 2019.

"Ini adalah kekuatan baru ekonomi kita. (Ekonomi kreatif) mulai mengambil peran untuk menopang ekonomi ekstraktif," katanya.

Oleh karena itu, Sandiaga mengungkapkan pihaknya berkomitmen akan ikut memajukan subsektor musik di Tanah Air melalui program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Sehingga, Pappri perlu mendukung secara penuh untuk memulihkan subsektor musik di Indonesia.

"Kita ingin musik ini menjadi bagian dari kebangkitan (ekonomi) kita," kata Sandiaga.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Industri Musik, Seni, Pertunjukan dan Penerbitan Kemenparekraf/Baparekraf, Mohammad Amin. Turut hadir pula Ketua Umum Pappri, Tony Wenas; Ketua Dewan Pembina Pappri, A.M Hendropriyono; Sekjen Pappri, Dwiki Dharmawan; Komisaris Utama InJourney, Triawan Munaf; dan Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini