Share

Paypal hingga Steam Diblokir, Menkominfo Tegakkan Kedaulatan Digital

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 02 Agustus 2022 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 320 2640708 paypal-hingga-steam-diblokir-menkominfo-tegakkan-kedaulatan-digital-HD2YLPd7ml.jpg Menkominfo Soal Blokir Paypal hingga Steam. (Foto: okezone.com/Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menjelaskan soal kewajiban Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) untuk mendaftar.

Dia mengatakan pendaftaran PSE adalah penegakan kedaulatan digital dan penegakan kepastian hukum di Indonesia.

Baca Juga: Kominfo Minta Bantuan Dubes AS soal PSE Paypal hingga Steam

"Sudah hampir selesai di mana dalam komunikasi yang intens dengan kedutaan terkait termasuk Kedutaan Amerika Serikat 5 dari 7 PSE yang selama ini dibicarakan di masyarakat seperti Paypal dan Steam itu normalisasinya sudah dilakukan dengan asistensi dan komunikasi yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Amerika," terang Johnny kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Saat ini diketahui ada sekitar tujuh PSE Asing yang aksesnya diputus oleh pemerintah karena belum juga mendaftarkan diri. Yakni, Yahoo search engine, Steam, Dota 2, Counter Strike, Epic Games, Origin, Xandr dan Paypal.

Baca Juga: Kominfo: PayPal Komitmen Urus Pendaftaran PSE dalam Waktu Dekat

Johnny berharap PSE asing tersebut bisa segera melakukan pendaftaran karena menurutnya pendaftarannya sangatlah sederhana.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain itu, Johnny menuturkan, pemerintah menginginkan agar ketaatan terhadap hukum dan peraturan di Indonesia oleh platform lokal maupun global dilaksanakan dengan baik

"Kami membantu setiap penyelenggara sistem elektronik yang jika mengalami masalah akan kami bantu dan kami siapkan secara khusus helpdesk untuk membantu mereka agar bisa mendaftar dengan baik," jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini