Share

BKN: PNS Kita Sangat Banyak tapi Tidak Punya Kompetensi

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 320 2642023 bkn-pns-kita-sangat-banyak-tapi-tidak-punya-kompetensi-C3Bel0HKhP.JPG PNS. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia terbilang banyak. Namun, jika dilihat dari sisi kompetensinya terbilang belum cukup.

Di mana, menurut survei Google dari 100% ASN yang bekerja WFH, 30% mengatakan bahwa mereka bekerja lebih berat dan 40% mengatakan memiliki beban pekerjaan yang sama. Sementara, 30% sisanya tidak menjawab, mungkin lebih ringan atau tidak bekerja.

“Dari data itu saja sebetulnya kita tahu 30% ASN gak ngapa-ngapain. Itu pun perlu dipres lagi yang 40% ini kalau mereka dipaksa untuk bekerja lebih berat bisa juga gitu. Mungkin separuhnya tidak melakukan apa-apa. Jadi PNS kita too many, but not enough dari sisi kompetensinya,” katanya dalam acara Rakornas Kepegawaian Tahun 2022 dikutip dari YouTube #ASNPelayanPublik, Kamis (4/8/2022).

 BACA JUGA:BKN Ungkap Ada PNS Tak Mampu Adaptasi Digital karena Sudah Tua

Kemudian menurutnya, Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah secara permanen mungkin bisa menjadi solusi bagi sejumlah ASN yang mengaku tidak mampu beradaptasi dengan digitalisasi.

“Jadi Pak Wapres pernah tanya saya, ini kalau seperti itu bagaimana solusinya Kepala BKN? Saya tidak punya jawaban pak, cuman mungkin saja bisa kita lakukan WFH secara permanen. Jadi ya sudah, WFH untuk mereka kan bukan working from home tapi want a free holiday,” kata Bima.

Artinya, dapat dikatakan bahwa WFH tidak melakukan kegiatan apa-apa. Karena pihak tersebut tidak mempunyai kompetensi dan lain sebagainya.

“Jadi gak ngapa-ngapain. Karena mereka pertama tidak memiliki kompetensi, tidak memiliki infrastruktur, tidak ada sarana teknologinya juga. Keluar dari ucapannya “gak ada pulsanya pak”. Jadi ini kemudian akan menghambat,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini