Share

Mendag Zulhas Siapkan 'Jalan Tol' Industri Mamin ke Pasar Global

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Jum'at 05 Agustus 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 320 2642364 mendag-zulhas-siapkan-jalan-tol-industri-mamin-ke-pasar-global-C8D7jbmbDE.jfif Mendag Dorong Industri Mamin Tembus Pasar Global. (Foto: Okezone.com/Kemenda)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong industri makanan dan minuman (mamin) menembus pasar global, khususnya negara-negara nontradisional. Namun berharap industri mamin menjaga kualitasnya.

“Produk mamin Indonesia memiliki kualitas dan peluang besar untuk terus berkembang. Untuk itu, sektor ini harus terus didukung, salah satunya dengan digitalisasi perdagangan,” kata Mendag Zulhas lewat siaran resminya, Jumat (4/8/2022).

Baca Juga: RI Ekspor 26,9 Juta Ton Minyak Kelapa Sawit Sebesar Rp424 Triliun

Selain itu, Kemendag juga telah mempersiapkan ‘jalan tol’ agar produk mamin Indonesia semakin membanjiri pasar nontradisional. Salah satunya persetujuan dagang Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUEA-CEPA).

“Lewat kerja sama perdagangan dengan Uni Emirat Arab sebagai hub, saya yakin industri ini dapat semakin kontributif terhadap pendapatan negara,” ujar Mendag.

Baca Juga: Laris Manis, 466 Pesawat PTDI Berhasil Dijual di Pasar Internasional

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman menyampaikan permintaan kepada Mendag Zulhas mengenai pembebasan bea masuk dan kemudahan proses importasi bahan baku industri pangan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebab, kata Adhi, industri mamin mengalami kendala dalam meningkatkan kualitas jika bahan baku penolongnya belum cukup tersedia.

“Permasalahan utama dalam industri pangan Indonesia yaitu ketersediaan bahan baku dan penolong yang sebagian besar impor seperti gula kristal rafinasi, garam industri, dan susu,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini