Share

Erick Thohir Bakal Tutup Anak Usaha Perum Perhutani

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 320 2642834 erick-thohir-bakal-tutup-anak-usaha-perum-perhutani-pcZZNr8gYA.jpg Erick Thohir bakal tutup anak usaha Perhutani (Foto: BUMN)

JAKARTA - Kementerian BUMN bakal membubarkan atau menutup anak usaha Perum Perhutani yakni PT Bakti Usaha Menanam Nasional (BUMN) Hijau Lestari. Penutupan ini untuk meningkatkan portfolio holding Perhutani Group.

Rencana penutupan BUMN Hijau Lestari dikonfirmasi langsung Direktur Utama Perhutani, Wahyu Kuncoro.

"Untuk menghasilkan portfolio holding yang lebih baik, maka anak perusahaan yaitu PT BUMN Hijau Lestari direncanakan akan ditutup," ungkap Wahyu dalam keterangan pers yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat (5/8/2022).

Belum ada alasan detail terkait pembubaran anak usaha BUMN yang bergerak di bisnis agroforestry dan menghasilkan komoditas pangan, papan dan energi ini. Hanya saja, Wahyu mencatat pihaknya terus melakukan perbaikan model bisnis bagi entitas yang memiliki bisnis serupa.

Proses ini dilakukan melalui penggabungan (merger) anak usaha Perhutani Group ke dalam dua subholding. Per 1 Agustus 2022 kemarin, Kementerian BUMN dan Perhutani resmi menggabungkan PT Inhutani II dan III bergabung ke dalam PT Inhutani I, sementara PT Inhutani IV dan PT Perhutani Anugerah digabungkan ke dalam PT Inhutani V.

Wahyu mengatakan aksi korporasi ini untuk meningkatkan fokus produksi dan mendukung program pengelolaan hutan secara berkelanjutan. Merger anak usaha ini setelah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan legal merger.

โ€œSalah satu tujuan dari merger anak perusahaan ini adalah terciptanya sinergi potensial sehingga siap dalam menghadapi persaingan usaha secara nasional dan global," kata dia.

Dalam skemanya, Inhutani I, II dan III akan fokus pada bisnis kayu dengan produk kayu bulat, kayu olahan (raw sawn timber, plywood, barecore), biomassa, dan pengembangan proyek nature based solutions atau perdagangan karbon (carbon trade).

Sedangkan Inhutani IV, V dan Perhutani Anugerah Kimia fokus pada produk hasil hutan bukan kayu berupa gondorukem, terpentin dan derivatnya.

Aksi lainnya adalah bisnis wisata yang dikelola Perum Perhutani dan Inhutani I akan dialih kelolakan (spin off) secara bertahap kepada anak perusahaan Perhutani lainnya yaitu PT Palawi Risorsis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini