Share

Jokowi Kaget Lihat Pelabuhan Kijing Jadi Terbesar di Kalimantan

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 09 Agustus 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 320 2644653 jokowi-kaget-lihat-pelabuhan-kijing-jadi-terbesar-di-kalimantan-euP0oLpjjF.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terkejut melihat hasil pembangunan Pelabuhan Kijing, Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar).

Pasalnya, tidak terpikirkan sebelumnya bahwa Pelabuhan Kijing akan menjadi terbesar di Kalimantan.

Terminal Kijing sudah dibangun sejak 2016 lalu.

 BACA JUGA:Jokowi Buka Peluang Investor Asing Kelola Pelabuhan Kijing

Adapun pembangunan proyek strategi nasional ini menelan investasi sebesar Rp2,9 triliun,

"Saya kaget karena dulu saat groundbreaking pikiran saya tidak segede ini, tapi kan sangat bagus bahwa terminal pelabuhan yang dibangun inu memang betul-betul sudah dicek feasibility, studiesnya dan kebutuhan baik untuk yang kontainer maupun non petikemas, yang curah, curah cair," ujar Presiden Jokowi saat ditemui wartawan di kawasan Pelabuhan Kijing, Selasa (9/8/2022).

Presiden Jokowi mencatat kehadirannya Pelabuhan Kijing dapat meningkatkan daya saing produk unggulan yang dihasilkan di Kalimantan Barat seperti Crude Palm Oil (CPO), alumina, bauksit, dan komoditas lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kehadiran pelabuhan ini juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia dan juga antar negara.

"Saya kira semuanya memiliki potensi yang besar di provinsi kalimantan barat, abik yang berkaitan dengan crude oil, alumina, bauksit," katanya.

Pelabuhan tersebut memiliki kapasitas 500 ribu Teus dan 8 juta non petikemas. Ini sangat besar sekali dan merupakan pelabuhan terbesar yang ada di Kalimantan

Presiden Jokowi juga meminta Kementerian PUPR untuk melakukan pelebaran akses jalan, guna memperlancar pergerakan kendaraan kontainer dari dan menuju ke Terminal Kijing.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini