Share

Gelar Pelatihan SDM Proyek IKN, Menteri PUPR: Untuk Pemanfaatan Teknologi BIM

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Sabtu 27 Agustus 2022 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 470 2655837 gelar-pelatihan-sdm-proyek-ikn-menteri-pupr-untuk-pemanfaatan-teknologi-bim-7Ur7myWhi0.png Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menandatangani MoU dengan Trimble terkait peningkatan kompetensi SDM khususnya dalam penguasaan Building Information Modeling (BIM) dalam percepatan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Pemanfaatan teknologi BIM serta kesiapan sumber daya manusia dalam pengoperasian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) merupakan dua hal yang harus berjalan sinergi dan berkelanjutan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tahap I Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/8/2022).

Rangkaian Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tahap I dimulai secara serentak di 5 wilayah kerja.

Trimble sebagai penyedia software melalui perwakilannya, Trimble Solutions SEA Pte. Ltd. dan Trimble Navigation Singapore SEA Pte. Ltd. akan memberikan pengayaan materi mengenai dasar dan implementasi BIM pada proyek-proyek konstruksi di Indonesia.

Trimble Solutions SEA Pte. Ltd. akan berfokus pada penyediaan infrastruktur dan software Tekla Structures untuk pendetailan dan pemodelan struktur 3D dan Trimble Connect yang merupakan platform kolaborasi antardisiplin.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sedangkan Trimble Navigation Singapore Pte. Ltd. akan membantu memberikan pelatihan bidang geospatial dengan beragam alat pengukuran total station dan terrestrial laser scanning dan software Trimble Business Center sebagai alat untuk memproses data.

Selain itu, juga terdapat Trimble Site Vision yang berteknologi augmented reality (AR) yang berfungsi untuk memvisualisasikan serta inspeksi proyek secara real time.

Peningkatan kompetensi juga akan berfokus pada 4 kategori peserta training, yaitu pembentukan calon instruktur, aparatur sipil negara (ASN), penyedia jasa konstruksi, dan calon tenaga kerja konstruksi

Selain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, turut mendampingi Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dalam acara Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tahap I.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini