Share

Bayar Tol Tanpa Berhenti Diterapkan Akhir 2022, Wajib Punya Aplikasi Ini

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Minggu 28 Agustus 2022 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 28 320 2656109 bayar-tol-tanpa-berhenti-diterapkan-akhir-2022-wajib-punya-aplikasi-ini-qHlry8x8S0.jpg Ilustrasi jalan tol. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sistem transaksi tol tanpa berhenti menggunakan Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal diterapkan akhir tahun 2022 ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyampaikan kalau pada tahap uji coba yang bakal dilakukan mulai Desember 2022.

Namun, pengendara diminta untuk segera download aplikasi Cantas.

Di mana aplikasi tersebut nantinya untuk menunjang transaksi tol yang dilakukan.

 BACA JUGA:Masih Gratis! Bayar Tol Tanpa Berhenti Siap Beroperasi Akhir Tahun Ini

"Jadi masyarakat bisa mendownload, bisa operasionalkan, bisa latihan lah, aplikasi sudah ada nanti Desember bakal diluncurkan (resmi)," ujar Danang saat ditemui di Kompleks Parlemen usai Raker, Kamis (25/8/2022).

Dia menegaskan kembali kalau saat uji coba, tol ini tidak akan dikenakan biaya.

"Untuk pertama ini kan tidak komersialkan dulu, masyarakat bisa terlatif dengan mengecek sendiri dari titik gate masuk ke gate keluar, panjangnya berapa kilometer, dan bayarnya berapa, (menggunakan aplikasi)," ungkapnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Dia juga menjelaskan tahap pertama kemungkinan akan diakukan pada 5 ruas tol yang tersebar bukan hanya di pulau Jawa.

Adapun di beberapa gate yang ada di gerbang tol, bakal diterapkan hanyalah 1 gate pada tahap uji coba.

"Kita akan mulai dengan satu (gate) dulu, untuk diujicobakan agar orang bisa mengaplikasikan cantas, kemudian nanti sambil familiar pada saatnya akan dioperasikan secara komersial," sambungnya.

Untuk beberapa ruas tol yang akan diaplikasikan penerapan MLFF seperti pada ruas tol JORRS, Jagorawi, kemudian juga akan didorong pada ruas tol Samarinda - Balikpapan.

"Tahap pertama mau kita lakukan di beberapa ruas, mungkin sekitar 5 ruas, begitu gate nya sudah dipasang dan dibangun akan kita langsung uji cobakan, sekarang kamernyaa (diatur) untuk mengenali kendaraan itu," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini