Share

Berpotensi Besar, Ini Kekuatan UMKM Papua

Antara, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 455 2657274 berpotensi-besar-ini-kekuatan-umkm-papua-dCa72pLhOz.jpg Ilustrasi UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyatakan komitmennya mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Papua agar bisa tumbuh dan berkembang mengingat provinsi ini memiliki potensi yang besar terutama pada bidang fesyen, kuliner, dan kerajinan kriya.

"Papua memiliki potensi yang sangat besar, yang dapat dimanfaatkan menjadi produk unggulan di bidang fesyen, kuliner, dan kerajinan kriya," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam sambutannya secara virtual pada puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di GOR Cenderawasih Jayapura, Papua.

BACA JUGA: Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Domestik, Jokowi: UMKM RI Bakal Naik Kelas 

Johnny mengatakan kecintaan pemerintah tidak pernah luntur terhadap tanah Papua meski para menteri tidak dapat mengikuti acara puncak Gernas BBI secara fisik di Papua karena harus menghadiri rapat terbatas kabinet bersama Presiden Joko Widodo.

Dalam pandangan Johnny, tanah Papua yang terletak paling timur Indonesia itu menyimpan berbagai keindahan alam dan kekayaan budaya yang mempesona.

“Di tengah momentum pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44% (year on year/yoy) pada triwulan II tahun ini, maka pemerintah perlu terus mendorong pertumbuhan UMKM/ UMi (ultra mikro),” ucap Johnny.

Hal inilah yang melatarbelakangi ditetapkannya Kota Jayapura sebagai tuan rumah konvensi acara puncak Gernas BBI yang mengangkat tema 'Binar Digital Papua'.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Gelaran tersebut juga bertujuan mendorong pelaku UMKM lokal Papua untuk tetap adaptif di era pandemi saat ini.

“Pada Mei 2020, Presiden Joko Widodo meresmikan Gernas BBI sebagai bentuk dukungan Pemerintah terhadap produk dalam negeri khususnya produk UMKM/UMi agar mampu bersaing di masa pandemi COVID-19,” kata Johnny.

Oleh karena itu, Menkominfo menegaskan bahwa Gernas BBI memiliki misi untuk mendorong penguatan penjenamaan produk UMKM dan penggunaan teknologi digital untuk produk-produk artisan lokal, serta mendorong konsumen untuk membeli produk UMKM dalam negeri.

Acara puncak Gernas BBI Digital Binar Papua dimeriahkan dengan pameran produk UMKM secara luring dan daring, pertunjukan dua tari budaya Papua dari seniman Papua yakni Tarian Tifa dan Tarian Tangkur Sagu, peragaan busana, pemaparan cara mendirikan perseroan perseorangan, serta masih banyak acara lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini